20 Ribu Warga Karawang Masih Buta Huruf - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 20 Ribu Warga Karawang Masih Buta Huruf

20 Ribu Warga Karawang Masih Buta Huruf

Written By Angga Praditya on Sabtu, 24 Maret 2018 | 12.15.00

TEMPURAN, RAKA - Angka buta huruf di Karawang ternyata masih tinggi. Hasil pendataan Bidang Pendidikan Masyarakat (Dikmas) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga tercatat, masih ada sekitar 20 ribu warga Karawang buta huruf yang didominasi usia di atas 40 tahun.
Kasie Keaksaraan dan Keseteraan Disdikpora Kabupaten Karawang Udan Supriyadi mengatakan, era Bupati Dadang S Muchtar ada program Al Jabar yang sedikit banyak sudah mampu mengentaskan angka buta huruf di Karawang. Namun, saat ini pihaknya diminta melakukan pendataan sejak tahun 2016 dan 2017 untuk jumlah warga yang buta huruf. Hasilnya, ada sekitar 20 ribuan warga Karawang yang masih belum mampu baca tulis dan menghitung. "Setelah diminta Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) urusan jumlah warga yang buta huruf, sampai saat ini program keaksaraan masih belum teranggarkan," ungkapnya kepada Radar Karawang, Jumat (23/3) kemarin.
Lain halnya dengan kesetaraan Paket A, B dan C yang dianggarkan Rp 5 miliar dalam setahun, kata Udan, program keaksaraan ini masih belum dianggarkan sehingga sulit memberantas buta huruf. "Kita diminta mendata, nah data sudah ada tapi programnya masih belum ada. Ya anggarannya juga gak ada, bagaimana kita mau entaskan buta huruf," katanya.
Udan menambahkan, dulu program keaksaraan itu disetarakan dengan kelas 1 SD, yaitu agar peserta bisa membaca. Namun saat ini dibidik setara kelas 3 SD, agar peserta bisa membaca, menulis dan menghitung (calistung). Bagi semua usia sambung Udan, keaksaraan ini penting untuk meminimalisir angka buta huruf di Karawang. Tinggal saat ini sebutnya, kesediaan plot anggaran dan programnya. Karena pihaknya sudah memunculkan data yang diminta. "Bisa calistung saja diprogramkan lagi, semoga saja bisa teranggarkan ke depan," pungkasnya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template