WTC dapat Bantuan 1000 Bibit Cabai - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » WTC dapat Bantuan 1000 Bibit Cabai

WTC dapat Bantuan 1000 Bibit Cabai

Written By Angga Praditya on Selasa, 06 Februari 2018 | 14.15.00

JATISARI,RAKA - Sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam memanfaatkan lahan pekarangan. Sebanyak 1.000 pohon cabai dengan media polybag diberikan Koperasi Bina Mitra Usaha Jatisari (BMUJ) kepada Kelompok Wanita Tani Desa Cirejag Kecamatan Jatisari.
Ketua BMUJ H Mulyana menyampaikan, gerakan hortikultura itu sengaja dilakukan agar ketersediaan cabai jelang bulan puasa dapat terpenuhi. Hal itu dikarenakan selama tiga bulan pohon cabai sudah dapat dipanen. "Pemberian pohon cabai kepada KWT Desa Cirejag agar mereka lebih produktif lagi dengan memanfaatkan pekarangan di lingkungan rumahnya masing-masing. Agar tidak ada lagi lahan kosong tidak produktif," ungkap Mulyana dilingkungan Desa Cirejag, kepada Radar Karawang, Senin(5/2).
Ia melanjutkan, pemberian bibit tanaman cabai itu disebar ke setiap Kelompok Wanita Tani (KWT) di 14 desa yang ada di Kecamatan Jatisari. Hal itu agar seluruh KWT dapat mengembangkan tanaman cabai sebagai salah satu tanaman ekonomis. "Untuk langkah awal, kita berikan dulu kepada KWT Desa Cirejag. Selanjutnya secara bertahap ke KWT desa lain yang ada di Kecamatan Jatisari," ujarnya.
Kepala Desa Cirejag Dadang Supriatna menambahkan, pihak BMUJ yang telah memberikan kontibusi pemberdayaan hortikultura kepada para pengurus KWT Desa Cirejag, sangat baik, Karena dengan adanya pemberian bibit tersebut, para kelompok wanita tani di desanya tidak hanya bisa memanfaatkan lahan kosong. Akan tetapi, dapat memberikan manfaat besar yang bernilai ekonomis.  "Semoga saja dalam perawatan tanaman cabai untuk tanaman dapur dapat bermanfaat bagi aktivitas para pengurus KWT," katanya.
Ia menambahkan, kepada masyarakat Desa Cirejag agar memanfaatkan pekarangan rumah atau lahan tidak produktif untuk digunakan sebagai lokasi penanaman. Sehingga akan menambah suasana di halaman pekarangan rumah menjadi hijau dengan tumbuh suburnya berbagai macam tanaman yang ada. "Biasanya harga cabai jelang lebaran itu Rp 50 ribu perkilogramnya. Jika di bulan Feberuari ditanam selama tiga bulan tanaman cabai itu dapat dipanin," pungkasnya. (ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template