Waspadai Penyakit Paska Banjir - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Waspadai Penyakit Paska Banjir

Waspadai Penyakit Paska Banjir

Written By Admin Raka on Selasa, 06 Februari 2018 | 16.30.00

JAYAKERTA, RAKA- Intensitas hujan beberapa hari terakhir semakin tinggi, sudah banyak rumah menjadi korban, dan kali ini bencana banjir mengancam masyarakat Desa Kampungsawah, Kecamatan Jayakerta, akibat jebolnya tanggul. Paska banjir, perlu diwaspadai penyakit yang bakal timbul.
Kepala Desa Kampunhsawah, Adi, Desa Kampungsawah sebelumnya pernah memgalami banjir seperti ini, bahkan lebih parah. Dirinya mengaku lupa kapan terkahir banjir melanda Desa Kampungsawah, namun banjir dahulu diakibatkan jebolnya tanggul Citarum. Dan kali ini pun akibat dari jebolnya tanggul irigasi. "Sebenarnya jika kedua tanggul aman, desa pun aman. Desa Kampunhsawah hanya kebagian imbasnya saja," ucapnya.
Banjir saat ini dinilai sangat berdampak kepada aktifitas masyarakat, khususnya paska banjir. Diprediksi, akan timbul gejolak berbagai macam penyakit di tengah masyarakat. Pasalnya, sebelumnya Desa Kampungsawah tidak pernah dilanda bencana banjir karena hujan deras, 2 kali banjir pun akibat tanggul-tanggul yang jebol. "Jadi kuncinya hanya satu, memperkuat tanggul Citarum ataupun tanggul irigasi, jika tidak dibenahi, maka selama musim hujan akan selalu seperti ini," tutupnya.
Menurut salah satu warga Desa Kampungsawah, Bahiz Hakim (28), sebelumnya desanya tidak pernah mengalami banjir seperti ini, bahkan di nilai desa yang aman dari banjir. Setiap kali musim hujan, masyarakat tidak begitu khawatir dengan adanya bencana banjir. Lain halnya dengan saat ini, hujan baru di mulai, kampungnya kini sudah di landa banjir. "Seinget saya gak pernah kampung saya dilanda banjir, gak tahu kalau zaman dulu kala," akunya, kepada Radar Karawang, Senin (5/2) kemarin.
Mesnkipun banjir kali ini disebabkan oleh jebolnya tanggul, namun hal ini merupakan bencana bagi masyarakat Desa Kampungsawah, khususnya yang mesti diwaspadai. Yang menjadi kekhawatirannya yaitu dampak banjir setelah surut, karena di pastikan banyak menimbulkan penyakit akibat endapan lumpur, dan banyaknya sampah dari irigasi yang ikut terbawa ke lingkungan masyarakat. (rok)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template