Warga Tidak Sabar Dapat Pelayanan Optimal - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Warga Tidak Sabar Dapat Pelayanan Optimal

Warga Tidak Sabar Dapat Pelayanan Optimal

Written By Admin Raka on Selasa, 06 Februari 2018 | 16.00.00

KARAWANG, RAKA - Sebelumnya beredar rumor lambannya pelayanan kependudukan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) karena terpengaruh kondisi bangunan kantor yang tidak representatif. Dan sekarang, bangunan kantor itu sudah diperbaiki dan representatif. Kini giliran aparatur di dinas itu memperlihatkan kinerjanya yang lebih baik.
Harapan itu terungkap dari ketidak sabaran masyarakat mendapatkan palayanan berkualitas setelah bangunan baru itu difungsikan. "Belum ada kepastian bangunan yang sudah direhab itu akan digunakan. Padahal masyarakat menginginkan pelayanan bisa lebih maksimal jika saja bangunan yang telah direhab bisa digunakan dengan segera," ungkap Saleh (54), warga asal Desa Panyingkiran, Kecamatan Rawamerta yang sedang mengurus perbaikan Kartu Keluarganya, Senin (5/2).
Saleh mendorong agar kantor Disdukcapil segera memfungsikan bangunan itu. Karena hal itu akan membuat masyarakat lebih nyaman saat mendapakan pelayanan disamping kondisinya yang bersih dan teratur. "Setahu saya memang sudah lama selesai tapi tidak tahu juga kalau masih belum digunakan," paparnya.
Kata Saleh seharusnya Kadisdukcapil melakukan pergerakan yang cepat, sehingga kedepan pelayanan di capil baik masyarakat akan mengurus Kartu Keluarga (KK) Kartu Tanda Pendudukan (KTP) dan perekaman KTP-el bisa lebih maksimal lagi, sehingga tidak kembali terjadinya penumpukan pemohon yang datang ke Disdukcapil. "Mestinya sudah difungsikan. Buat apa sih ditunda-tunda lagi, apa menunggu rusak lagi baru difungsikan. Masyarakat sudah tidak sabar mendapatkan pelayanan optimal," pungkasnya.
Sementara Saefudin (35) warga asal Desa Pasirkemuning, Kecamatan Telagasari menyampaikan, pelayanan Disdukcapil sudah mulai membaik, baik pelayanan pembuatan Kartu Keluarga, KTP maupun Akta Kelahiran, meski belum optimal betul. Itu mungkin karena sebelumnya suasana kantor juga tidak mendukung dengan kondisi  bangunan yang terkesan kumuh. Tetapi sekarang kan sudah bagus, pelayanan pun harus lebih optimal lagi. "Bangunannya sudah selesai tetapi kenapa belum digunakan. Padahal masyarakat antusias sudah ingin menikmati pelayanan yang lebih nyaman," ucapnya.
Masih dikatakan Saefudin, sepengetahuan dirinya kantor yang telah dilakukan perbaikan itu adalah kantor pelayanan pembuatan KK, perekaman KTP, dan akta kelahiran. "Biasanya disini pelayanan KK setahu saya, Pemeintahnya harus cepat memberikan izin penggunaan kantor, jika dibiarkan nanti jadi tidak ke urus," ujarnya.
Sementara itu Kadisdukcapil Yudi Yudiana menyampaikan, sejauh ini pihaknyapun masih menunggu isarat Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang (PUPR) untuk bisa mempergunakan bangunan yang sudah direhab itu. "Soal bangunan adanya di PUPR, kalau kita munya sekarang digunakan, tapi belum ada dari PUPR silahkan tanyakan," ujar Yudi.
Sebelumnya, Kasubag Program di Disdukcapil Elfan menyamapaikan, pihaknya mengakui waktunya kapan akan dilakukannya penempatan kantor baru itu belum ada kejelasan karena yang memiliki kewenangan adanya di kepala Dinas. (apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template