Wajib KTP El Pemula Diprioritaskan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Wajib KTP El Pemula Diprioritaskan

Wajib KTP El Pemula Diprioritaskan

Written By Admin Raka on Rabu, 28 Februari 2018 | 16.15.00

KARAWANG, RAKA - Wajib KTP elektronik pemula mendapatkan prioritas pengurusan Surat Keterangan (Suket) pengganti KTP elektronik. Selain memang arah langsung dari Dirjen Kependudukan, prioritas itu diberikan agar mereka memahami pentingnya memiliki identitas kewarganegaraan.
Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Lilis Jayasutisna, kepada Radar Karawang, Selasa (27/2). "Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Karawang, akan prioritaskan masyarakat untuk melakukan pemberian dokumen Surat keterangan (Suket) kepada masyarakat wajib KTP elektronik pemula," ucap Lilis.
Hanya saja, lanjut Lilis, prioritas yang memang perintah langsung Direktur Jenderal Kependudukan itu pun khusus kepada wajib KTP elektronik pemula yang sudah Print Ready Record (PRR). "Pencetakan tersebut akan diberikan kepada masing-masing kecamatan yang telah melakukan perekaman di bulan Januari kemarin," terang Lilis lagi.
Masih dikatakan Lilis, prioritas itu bukan ingin memilah untuk didahulukan anak muda, tetapi hal itu agar menjadikan generasi muda sadar akan pentingnya memiliki dokumen kependudukan yang utuh. "Pemula juga yang lainnya kita sedang proses percetakan namun yang diutamakan saat ini wajib perekam KTP-el pemula, untuk yang bukan pemuda sedang dalam masa percetakan," ujarnya.
Dilanjutkan Lilis, masyarakat yang masih kesulitan memiliki kartu tanda penduduk bisa langsung menghubungi kantor disdukcapil, sekalipun sudah dilakukan perekaman, karena dimungkinkan data nomer Induk Kependudukan (NIK) masih memiliki kendala. "Biasanya kalau tidak keluar-keluar KTP nya maupun Suket terjadinya dobel NIK," ujar Lilis.
Karena itu, sebut Lilis, pihaknya menyarankan agar masyarakat melakukan pengecekan geometri dan datang lagsung ke kantor Disdukcapil. Sehingga data yang dimilikinya akan dilakukan pengecekan ke pusat. "Jika terjadi permasalahan biasanya belum terupdate, masyarakat dipersilahkan membawa dokumen dan foto copy KK dan ke loket 4 untuk di cek geometrinya atau iris mata," ujarnya. (apk)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template