TPSS Walahar Belum Kantongi Izin - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » TPSS Walahar Belum Kantongi Izin

TPSS Walahar Belum Kantongi Izin

Written By Admin Raka on Kamis, 15 Februari 2018 | 16.45.00

Sudah Beroperasi Selama Satu Bulan

KLARI, RAKA - Meski belum mendapatkan izin pembuatan lahan Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPSS). Sudah berjalan satu bulan lebih sejumlah masyarakat di Desa Walahar membuang sampah di Dusun Walahar tepatnya depan pabrik tanggo.
Salah satu warga setempat, Arif (35) mengatakan, bahwa lokasi sampah yang menggunakan lahan warga seluas 100 meter tersebut memang sengaja dimanfaatkan untuk tempat pembuangan sampah sementara oleh pemerintah desa. Maka wajar saja jika masyarakat banyak yang membuang samnpah di lokasi tersebut. "Sudah jadi tempat pembuangan sampah oleh pemerintah desa tempatnya disini," ucapnya.
Hal serupa disampaikan Nengsih (27), pemilik warung dekat lokasi pembuangan sampah mengaku, meski kerap menggangu dengan kebaradaan sampah tersebut, dirinya tidak bisa berbuat apa-apa jika lahan di sepanjang jalan itu digunakan untuk tempat pembuangan sampah sementara oleh pihak desa. "Bau sih pasti, cuman kalau bisa untuk pengangkutan setiap hari biar nggak terlalu banyak sampahnya," ungkapnya.
Sementara menurut keterangan Kepala Desa Walahar Sardi Anwar Surendra menjelaskan bahwa untuk perizinan pembuatan lahan lokasi pembuangan sampah sementara memang belum diajukan. Namun jika hanya terus menunggu pengajuan pembuangan sampah bisa terjadi dimana-mana. Maka untuk menghindari relokasi pembuangan sampah dirinya sudah menjalankan pembuangan sampah Desa Walahar di satu titik saja. "Untuk perizinan tempat pembuangan sampah sementara memang belum diajukan, tapi kita sudah berjalan satu bulan," terangnya.
Tidak hanya itu, tambah Sardi, untuk pengangkutan sampah di satu titik saja mampu menghabiskan anggaran sebesar Rp 12 juta setiap bulannya, uang tersebut diperuntukan honor tenaga kerja kebersihan sampah. Untuk saat ini permasalahan lahan seluas 100 meter tersebut hanya menggunakan lahan warga. "Kita masih pakai lahan warga, ke depan kita akan ajukan ke pemerintah daerah untuk lahan TPS," ucapnya.(yna)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template