TPS Kereteg Tempat Buang Limbah Obat - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » TPS Kereteg Tempat Buang Limbah Obat

TPS Kereteg Tempat Buang Limbah Obat

Written By Admin Raka on Sabtu, 03 Februari 2018 | 13.30.00

TELUKJAMBE BARAT, RAKA - Bukan cuma serbuan lalat dan aroma busuk yang disajikan, tetapi Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di Kampung Kereteg Desa Wanakerta, Kecamatan Telukjambe Barat pun sudah jadi lokasi membuang limbah medis.
"Limbah obatnya ditumpuk begitu saja di bahu jalan. Entah siapa yang buang. Tetapi yang jelas di sekitar lokasi sekarang baunya minta ampun," tandas Hani (32) warga yang tinggal tidak jauh dari lokasi, Jumat (1/2). Hani mengeluhkan lokasi pembuangan sampah liar yang kini sampahnya sudah penuh kembali, setelah dibersihkan sebulan lalu.
Ditambahkan Hani, tempat pembuangan sampah di desanya tersebar di beberapa tempat, termasuk bahu jalan utama Kereteg, Desa Wanakerta. Baunya pun makin menyengat sehabis diguyur hujan. Terutama yang berada di lintasan jalan utama Badami-Loji yang menjadi lintasan utama masyarakat Kecamatan Telukjambe Barat. “Mengganggu banget. Warga sudah coba memasang papan larangan membuang sampah. Maksudnya mengingatkan kalau di situ bukan TPS. Tapi papannya malah dicabut dan dibuang orang tak dikenal,” kata Hani.
Ditambahkan Hani, kawasan Desa Wanakerta itu sekarang memang sedang menjadi kawasan berkembang. Banyak rumah dibangun dalam beberapa tahun terakhir. Padahal dulunya disitu hanya ada satu-dua rumah karena berbatasan dengan irigasi. "Padahal pemerintah Desa Wanakerta sudah mengaktifkan Linmas sebagai pemantau jika ada orang yang membuang sampah, namun tetap saja  ada yang buang sampah di tempat itu," ucapnya.
Ketika Radar Karawang mempertanyakan siapa orang yang membuang sampah di TPS liar itu, Hani menegaskan hingga saat ini belum diketahui siapa orang yang sengaja membuang sampah dipinggir jalan termasuk limbah obat-obatan itu. "Kalau saya tahu orangnya pasti sudah laporkan kepada kepala desa. Biar diberi sanksi berat dan kapok buang sampahnya lagi," tegas Hani.
Sementara Kepala Desa Wanakerta, H. Kanta ketika dikonfirmasi terkait limbah sampah obat yang dibuang di wilayahnya cuma mengatakan dirinya berkomitmen akan membersihkan sampah-sampah yang ada di bahu jalan utama. "Baru satu minggu kita bersihkan lokasi pembuangan sampah itu tapi masih saja ada oknum yang buang sampah di tempat itu. Padahal pemiliknya dan warga sudah memasang tulisan agar tidak membuang sampah di tempat itu, namun masih saja ada yang ngeyel buang sampah di tempat itu. Karenanya, bila kedapatan oknumnya akan saya kenakan sanksi tegas," tandasnya.
Berdasarkan pengamatan Radar Karawang, selain limbah obat cair dalam botolan juga ditemukan bungkusan obat dalam bentuk saset yang dikemas dalam bungkusan. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template