Toto: Saluran Air Perkotaan Harus Bersih - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Toto: Saluran Air Perkotaan Harus Bersih

Toto: Saluran Air Perkotaan Harus Bersih

Written By Admin Raka on Rabu, 07 Februari 2018 | 15.00.00

KARAWANG, RAKA - Derasnya keluhan terhadap genangan air sepekan terakhir membuat banyak pihak menjadi gerah. Upaya membersihkan pun dilakukan, termasuk mengangkat sampah-sampah yang mengendap di saluran air. Bahkan ada yang sudah jadi hancur dan menyatu dengan lumpur di dasar got dan membentuk gundukan sampah yang menghambat aliran air.
Kepala UPTD Wilayah 1 Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Toto Maryanto, ditanya potensi sampah yang menghambat aliran air di saluran-saluran air sehingga mengakibatkan banjir lingkungan, tidak menampik jika saluran-saluran air di wilayah perkotaan dipadati oleh sampah. Padahal saluran-saluran air tersebut merupakan saluran-saluran vital dilingkungan perkotaan.
"Seharusnya masyarakat jangan buang sampahnya sembarangan, apalagi di saluran air karena bisa mengakibatkan pengendapan dan pendangkalan sehingga mengambat kelancaran aliran air," ungkap Toto, Selasa (6/2). Dia juga mengingatkan supaya masyarakat meningkatkan gotong royong membersihan lingkungan, terutama saluran-saluran di lingkungannya. Karena saluran-saluran air itu seringkali jadi penyebab banjir lingkungan.
"Karawang saat ini terkenal dengan tradisi banjirnya. Penyababnya, bukan saja akibat sungai meluap tetapi juga luapan air dari saluran air yang tidak mampu menampung air hujan," ucapnya disela-sela melakukan pemantauan pembersihan saluran air di sepanjang saluran air Jalan Bypass Ahmad Yani. Toto mengerahkan puluhan anak buahnya yang biasanya di Sipone KW 6 untuk mengangkat endapan sampah di saluran air di pinggir jalan itu.
Perintah membersihkan endapan sampah di sepanjang jalan Bypass Ahmad sendiri dikatakan Toto hanya bersifat kepekaan saja. Toto merasa prihatin menyaksikan genangan air yang terjadi hampir secara menyeluruh di wilayah perkotaan. "Aksi bersih saluran air ini hanya bentuk kepekaan saja. Kami kan yang bekerja membersihkan saluran. Selama ini memang saluran irigasi tetapi tidak ada salahnya sekarang saluran air dipinggir jalan," ucap Toto.
Toto berharap Karawang bisa bersih dari sampah, termasuk saluran-saluran airnya. Karena menurut Toto, hal itu mutlak dilakukan kalau ingin terbebas dari genangan air. "Saluran-saluran air di Kota Karawang mestinya bersih. Karena saluran-saluran inikan vital keberadaannya bagi wilayah perkotaan," ucap Toto dan menambahkan sebenarnya wilayah tugasnya di saluran air Kumejing, disisi Jalan Rubaya, Kelurahan Karangpawitan. (apk)
























Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template