Tim Pengintai Sampah Diminta Beraksi Kembali - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Tim Pengintai Sampah Diminta Beraksi Kembali

Tim Pengintai Sampah Diminta Beraksi Kembali

Written By Admin Raka on Jumat, 23 Februari 2018 | 14.00.00

TELUKJAMBE BARAT, RAKA - Sudah sepekan ini bahu jalan utama Desa Karangmulya, Kecamatan Telukjambe Barat, menjadi lokasi pembuangan sampah liar. Siapa pelakunya tidak ada yang tahu. Hal itu yang membuat warga jadi geram dan meminta Kepala Desa Karangmulya menerjunkan kembali Tim Linmas Pengintai sampah yang kini sudah di non aktifkan.
"Entah apa yang ada di pikiran orang itu, seenaknya saja membuang sampah dipinggir jalan. Tidak kasihan apa sama petani, karena pasti sampah yang dibuang itu bakalan terdampar di sawah-sawah petani setelah hujan dan terseret air hujan," ucap Cata (52), Ketua RT 07, Desa Karangmulya, lusa kemarin. Cata memperlihatkan hamparan sampah plastik dan limbah makanan yang bertebaran di bahu Jalan Desa Karangmulya. Sebelumnya, terang Cata, sekitar lokasi sudah bersih dari sampah. Pihaknya pun sudah melakukan sosialisasi kepada warganya untuk menjaga kebersihan lokasi tersebut.
Cata mengakui, sebelumnya sejumlah titik pembuangan sampah liar ditemukan di sejumlah ruas jalan di sekitar desa. Dan itu membuat geram pemerintah desa hingga membentuk tim pengintai. Hasilnya memang tidak ada lagi yang buang sampah dipinggir jalan. "Sampah pernah menghilang dari bahu jalan semenjak aparatur Linmas Desa Karangmulya lakukan piket pengawasan kepada orang yang membuang sampah sembarangan di bahu jalan. Karena aman maka linmas menyudahi pengawasan," tandas Cata.
Diterangkan Cata Pemerintah Desa Karangmulya sudah sangat serius mengatasi persoalan sampah. Keseriusan itu diperlihatkan setiap kali rapat minggon, kapala desa selalu mengingatkan agar warga menjaga kebersihan lingkungannya. "Setiap rapat minggon perihal sampah dibahas terus. Makanya saya sangat menyayangkan jika masih ada warga yang buang sampah sembarang, di pinggir jalan lagi," tandas Cata.
Cata sendiri merasa curiga terhadap sang pelaku pembuang sampah masih orang yang sama. Selain mengetahui pergerakan para linmas pengintai. Karenanya begitu operasi dihentikan pelaku pun kembali beraksi. "Saya curiga pelaku pembuang sampainya masih orang yang sama. Buktinya sama sekarang juga sama seperti jenis sampah sebelumnya yang sudah dibersihkan yakni sampah plastik dan sampah dalam karung," ucapnya.
Di tempat yang sama, Mukhlis (41) petani sekitar pun membenarkan bahwa sampah yang ada sering berserakan dan terbawa air hingga ke lahan persawahan termasuk sawahnya. Karenanya dia mengaku kesal karena harus selalu membersih sampah yang terdampar di sawahnya. "Siapa sih tidak kesal. Masa setiap hari kita bersihkan sampah, sudah mah persoalan rumput yang kotori lahan dan mengganggu pohon padi, eh ini sampah juga.  Saya berharap pemerintah tegas lah atasi persoalan sampah, bila perlu buat undang-undangnya agar jangan lagi ada yang buang sampah di bahu jalan dan dekat sawah," harapnya. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template