Terobos Marka Jalan Bisa Dipenjara - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Terobos Marka Jalan Bisa Dipenjara

Terobos Marka Jalan Bisa Dipenjara

Written By Admin Raka on Selasa, 27 Februari 2018 | 14.15.00

KARAWANG, RAKA - Masyarakat diingatkan supaya mematuhi aturan penggunaan lajur sebelah kanan dan marka jalan berupa garis membujur penuh. Marka itu berarti pengendara kendaraan bermotor tidak boleh melintasi marka tersebut karena membahayakan. 
Kasatlantas Polres Karawang AKP Arman Sahti mengatakan itu kepada Radar Karawang, Senin (26/2). "Pengemudi dilarang melintas marka jalan yang membujur yang biasanya terpasang di tempat-tempat yang mengandung berbahaya, seperti tikungan, tanjakan, rutunan atau tempat ramai," ucapnya.
Apabila ada pengguna jalan yang tidak mematuhi aturan tersebut maka pengguna jalan itu telah melanggar UU no 22 tahun 2009 yang mengatur tentang marka jalan. Ancamannya bisa pidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu," ujarnya.
Sementara terkait penggunaan jalur sebelah kanan, kata Arman, disemua jalur terdapat marka jalan yang membagi jalan menjadi dua jalur. Namun perlu diingat jika secara aturan penggunaan jalur sebelah kanan penggunaannya hanya diperuntukan bagi kendaraan berkecepatan tinggi yang akan berbelok ke kanan atau yang akan mengubah arah dan yang akan mendahului kendaraan lain, sesuai UU no 22 tahun 2009 pasal 108.
Masih dilanjutkan Arman, jika kepolisian melakukan tindakan penilangan jangan dibuat kaget,  seketika aturan tersebut dilanggar tanpa diketahui oleh pengguna kendaraan atau pengguna jalan. "Jika kita menemukan pelanggaran hal itu akan dilakukan penilangan karena melanggar rambu-rambu," ujarnya.
Namun saat disinggung jika kondisi di Karawang saat ini masih minim rambu-rambu lalulintas, kata Arman pihaknya akan meminta kepada Dinas Perhubungan untuk segera mengadakan kebutuhan lalulintas itu. "Kita akan koordinasi dengan Dishub untuk marka dan rambu-rambu, namun yang jelas keasadaran masyarakat saat berkendaraan harus dapat mematuhi aturan, jika tidak kita pastikan ditilang," tandasnya. (apk)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template