Tanggul Jebol Sawah Terendam - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Tanggul Jebol Sawah Terendam

Tanggul Jebol Sawah Terendam

Written By Angga Praditya on Selasa, 06 Februari 2018 | 16.15.00

Tak Kuat Menampung Debit Air

JAYAKERTA, RAKA- Tak mampu menampung debit air setelah di guyur hujan, tanggul BTUB 1718 A yang berada di Dusun Cilogo RT 01/02, Desa Medangasem, Kecamatan Jayakerta jebol. Namun dampaknya lebih banyak dirasakan oleh warga Desa Kampungsawah. Akibatnya, puluhan hektare sawah dan rumah di Desa Kampungsawah terendam luapan air tersebut. Diketahui ketinggian air mencapai lutut orang dewasa.
Menurut salah satu korban banjir yang juga Ketua RT 07/03, Dusun Campea, Desa Kampungsawah, Mardoki, akibat jebolnya tanggul di Desa Medangasem ini, rumahnya ikut terendam banjir. Diketahui, genangan air yang berada di lingkungan rumahnya mencapai lutut orang dewasa. "Kemarin sore, Minggu (3/2) jebolnya, namun baru bisa di tangani saat ini bersama warga lain dan dibantu juga PJT wilayah 2 Rengasdengklok," ucapnya, kepada Radar Karawang.
Hal sedana dikatakan Kades Kampungsawah Adi. Menurutnya, kejadian ini berdampak ke warga Desa Kampungsawah Dusun Campea RT 07/03 dan Dusun Karajan RT 10/04. Ia juga sangat menyayangkan atas kejadian tersebut. Selain pemukiman warga, area pesawahan yang belum lama ditanami juga menjadi menjadi korban. Namun beruntung tidak ada korban jiwa atas jebolnya tanggul tersebut, hanya saja ativitas dan kesehatan masyarakat terancam. "Jebolnya tanggul Desa Medangasem, warga Kampungsawah yang benerinnya. Demi kekompakan bersama, kita kerahkan semua warga agar ikut andil," ujarnya.
Dirinya menduga, jebolnya tanggul tersebut akibat kondisi TPT irigasinya yang retak akibat dimakan usia. Namun tidak hanya satu, sebelumnya pernah terjadi jebol tanggul, namun tidak terlalu parah dan langsung bisa teratasi. Namum untuk saat ini di nilai parah, jika tidak segera di benahi, dampaknya akan lebih meluas lagi ke area pemukiman warga, apalagi musim hujan baru sajabdi mulai.
Atas kejadian tersebut, mantri pengairan Idam, dari PJT 2 Rengasdengklok ikut ambil bagian dalam membenahi jebolnya tanggul tersebut, patungan dengan kepala desa, pihaknya menyediakan bambu, terpal, karung dan mengerahkan 14 anggota untuk ikut bekerjasama membantu warga dalam mengantisipasi jebolnya tanggul agar tidak berdampak lebih melebar. "Kita turunkan 14 anggota, 10 dari TPOP dan 4 dari PJT," pungkasnya. (rok)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template