Sudah Dipulangkan ke Subang Balik Lagi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sudah Dipulangkan ke Subang Balik Lagi

Sudah Dipulangkan ke Subang Balik Lagi

Written By Admin Raka on Jumat, 23 Februari 2018 | 14.30.00

Satpol PP Jaring Anak Punk Lagi 

KARAWANG, RAKA - Sebanyak 19 warga dari berbagai profesi terjaring razia gabungan Satpol PP dan kepolisian. Dari jumlah tersebut delapan diantaranya gelandangan pengemis dan pengamen. Sedang lima lagi anak jalanan serta orang gila. Bahkan dalam razia tersebut petugas pun ikut menggaruk dua pelajar yang membolos sekolah. 
Data lapangan yang dihimpun Radar Karawang, Kamis (22/2), para penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) ini digaruk dari sejumlah lokasi. Baik dipinggir jalan, emperan pertokoan maupun perempatan lampu merah. Para PMKS ini digaruk saat melakukan aktifitasnya dan diangkut menggunakan truk ke Dinas Sosial untuk diberikan pembinaan.
Petugas bergerak dari Markas Komando Satpol PP menuju Jalan Tuparev. Dari kawasan bisnis itu petugas menggaruk dua PMKS, sebelum melanjutkan ke Jalan Kertabumi dan menjaring dua pelajar membolos sekolah serta seorang pengemis. Dari jalan itu petugas bergerak ke Fly Over Karawang Barat dan berhasil menjaring empat PMKS sebelum mengangkut seorang PMKS di perempatan lampu merah Karangindah, dan dilanjutkan ke lampu merah Tanjungpura untuk mengangkut anak-anak punk dan sejumlah PMKS yang berkeliaran di lokasi tersebut. "Totalnya ada 19 yang kita jaring dan semuanya kita serahkan ke Dinas Sosial kecuali anak sekolah yang ikut terjaring karena membolos," ucap Kasat Binmas Polres Karawang AKP Marsono SH kepada Radar Karawang.
Operasi yang dilakukan tersebut, jelas Marsono untuk meminimalkan terjadinya tindakan kejahatan diluar wilayah Karawang. Peran polisi sendiri hanya membantu Satpol PP melakukan penertiban. "Kita membantu satpol PP sekaligus melakukan Cipta Kondisi di wilayah perkotaan Karawang menjelang pemilihan Gubernur Jawa Barat mendatang," ujar Marsono. Sementara tindakan selanjutnya, sambung Marsono diserahkan kepada Dinas Sosial untuk penanganan lanjutan.
Kasi Tunasosial Dinas Sosial H. Tatang ketika dimintai komentarnya terkait keberadaan para penyandang masalah kesejahteraan itu mengatakan banyak dari mereka
wajah lama. Bahkan sudah pula dibawa keluar Karawang sesuai daerah asal mereka. "Kita sudah berkali-kali membawa mereka ke luar karawang, tetapi balik lagi, balik lagi," ujar Tatang. 
Dinsos sendiri kata Tatang, sudah beberapa kali melakukan penindakan terhadap para anak jalanan terutama anak-anak punk yang selalu nongkrong di lampu merah di wilayah perkotaan Karawang dengan mengembalikan mereka ke daerah asalnya. Tetapi entah mengapa tetap kembali ke Karawang. "Kita pernah membawa mereka ke Subang karena ngakunya dalam perjalanan ke Subang dan cuma singgah di Karawang. Tetapi, sekarang mereka kembali terjaring di Karawang," tandas Tatang.
Sementara ditanya penanganan lanjutan yang akan dilakukan dinas sosial secara tegas mengatakan akan mengembalikan para pengamen dan pengemis itu ke daerah asalnya jika memang berasal dari luar Karawang. Sementara untuk yang statusnya warga Karawang akan diberikan pembinaan. (apk)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template