Soal Honor, Apdesi Ajak Kades Datangi Komisi A - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Soal Honor, Apdesi Ajak Kades Datangi Komisi A

Soal Honor, Apdesi Ajak Kades Datangi Komisi A

Written By Admin Raka on Rabu, 21 Februari 2018 | 15.45.00

BATUJAYA, RAKA- Kenaikan honor yang saat ini banyak diperbincangkan kepala desa, khususnya kepala desa wilayah Utara mendapat tanggapan dari Sekretaris Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Karawang, Alek Sukardi. Di samping menyetujui adanya kenaikan honor kepala desa, namun harus diimbangi dengan kemampuan menghitung sumber anggaran. Untuk memperjuangkan kenaikan honor ini, Alek mengajak para kades untuk mendatangi Komisi A DPRD Karawang.
Menurutnya, honor itu bersumber dari Anggatan Dana Desa (ADD) besarannya sudah ditentukan di UU 6 dan PP 47, kecuali pemda mau akselerasi tentang anggaran. "Saya sangat setuju naik honor, tapi kalau harus memunculkan angka, kita juga harus mampu menghitung sumber, minimal pemerintah daerah bisa mengakselerasi anggaran," ujarnya, kepada Rasar Karawang saat di hubungi via seluler.
Dirinya juga menyebutkan, akselerasi yang dimaksud yaitu meminimalisir Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemda Karawang kepada hal yang dianggap lebih penting. Terlebih, studi banding dan rapat-rapat yang sifatnya seremonial dihapus anggarannya, dan bisa digelontorkan ke desa. "Ya kan kita sering denger studi ke Asia, Eropa dan lain-lain, pasti gede biayanya hasilnya kan sampai sekarang gitu-gitu aja," ucapnya.
Namun dirinya mengatakan, tidak yakin jika Kabupaten Karawang bisa mengakselerasi anggaran seperti halnya kabupaten tetangga. "Makanya saya gak yakin Pemda Karawang bisa akselerasi anggaran kaya Kabupaten Purwakarta," katanya.
Lebih lanjutnya, jika para kepala desa mau mengadakan aksi, dirinya pun mengaku siap untuk maju dan mendampingi seruan kades. Mengingat, standar kebutuhan hidup layak yang paling jadi alasan para kades menginginkan adanya kenaikan honor, karena dengan Rp 3 juta untuk kepala desa dinilai jauh dari layak. "Hayo kita demo ke Komisi A, dan saya siap jadi speakernya," tegasnya. (rok)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template