Setahun, 136 Kasus Kebakaran - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Setahun, 136 Kasus Kebakaran

Setahun, 136 Kasus Kebakaran

Written By Admin Raka on Senin, 19 Februari 2018 | 12.30.00

KARAWANG, RAKA - Tingkat kelalaian masyarakat Kabupaten Karawang masih terbilang tinggi. Tak jarang, kelalaian tersebut membawa petaka.
Berdasarkan data dari UPTD Pemadam Kebakaran Kabupaten Karawang, sepanjang tahun 2017, sedikitnya 136 kasus kebakaran terjadi. Penyebabnya rata-rata diakibatkan oleh kecerobohan pemilik rumah.
Kepala UPTD Pemadam Kebakaran Kabupaten Karawang Oman Nurohman mengatakan, wilayah yang paling sering terjadi kebakaran adalah Karawang bagian timur. "Kebanyakan terjadinya kebakaran diakibatkan kecerobohan manusia," ujarnya di Mako Damkar Karawang.
Ia melanjutkan, meski musim penghujan, kebakaran masih tetap terjadi. Pemicunya ulah manusia yang kurang sadar menjaga dan merawat harta bendanya. "Penyebab kebakaran rata-rata arus pendek, faktor alam, keteledoran manusia membiarkan lilin, obat nyamuk yang dibiarkan begitu saja. Padahal hal itu menjadi penyebab, sehingga dampaknya kepada hal yang lain," tuturnya.
Berbicara jumlah personel pemadam kebakaran, Oman mengatakan jumlahnya masih sangat minim. Begitu juga sarana pendukungnya. Meski begitu, pihaknya selalu berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. "Kita suka kewalahan kalau terjadi kebakaran ilalang, pasokan air suka kurang, ditambah sarana pendukung seperti hidran yang ada, namun tidak aktif secara maksimal," ujarnya.
Menurutnya, peran pemerintah sangat diperlukan untuk membantu petugas pemadam kebakaran, agar bisa melayani masyarakat secara maskimal. Misalnya mendorong PDAM agar bisa memfungsikan hidran yang ada. Sehingga sewaktu-waktu dibutuhkan bisa menolong petugas dan masyarakat. Kita masih ke sungai ambil air dengan jarak tempuh yang lumayan. Ada hidran yang berjalan tapi airnya terbatas," keluh Oman. (apk)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template