Seniman Ingatkan Anak Muda Lestarikan Budaya - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Seniman Ingatkan Anak Muda Lestarikan Budaya

Seniman Ingatkan Anak Muda Lestarikan Budaya

Written By Admin Raka on Jumat, 16 Februari 2018 | 15.00.00

KARAWANG, RAKA - Kalau bukan generasi muda siapa lagi yang melestarikan kesenian tradisional sunda. Apalagi sekarang ini bukan saja orang sunda sendiri bahkan warga negara asing pun mulai menyukai kesenian sunda.
Hal itu disampaikan Aang, vokalis grup kesenian sunda Gening Sari Junior yang saat itu manggung di lingkungan Jatirasa Timur, Kelurahan Karangpawitan, Kecamatan Karawang Barat. "Kami semua utusan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Karawang untuk mengisi kegiatan peresmian gudung dan pelayanan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Karawang," ujarnya kepada Radar Karawang, Rabu (14/2).
Dikatakan Aang, pemainnya semua asli Karawang dan memang bergerak di bidang kesenian tradisional. "Zaman sekarang ini jarang sekali masyarakat yang memainkan dan melestarikan budaya sunda. Karenanya, kalau bukan kita siapa lagi," ujar Aang yang juga pemegang alat musik kecapi ini.
Jadi lanjut Aang, selagi ada walaupun harus sedikit bisa menyebarkan dan melestarikan budaya khas Karawang. Maka kesenian di Karawang itu  harus tetap eksis. Sebab banyak sekali seniman-seniman hebat lahir di Karawang. "Seniman kita banyak, bahkan sudah banyak yang keluar negeri untuk memperkenalkan budaya Karawang," ujarnya.
Aang menambahkan untuk Gening Sari Junior sendiri meski belum setenar seniman-seniman besar Karawang tetapi sudah pernah mengikuti festival-festival besar baik di luar kota maupun luar negeri. "Alhamdulillah untuk di Jawa Barat kita sudah ada nama dan juga Karawang tentunya," paparnya.
Kendati demikian Aang tetap berharap pemerintah Karawang kian menambah perhatiannya terhadap kegiatan-kegiatan seni di Karawang dengan cara mengapresiasi para seniman. "Pemerintah telah memberikan respon baik juga dan kalau tidak salah setiap tahun juga kita ada penghargaan kepada seniman-seniman yang sudah membawa naman kesenian yang kebanyakan dari karawang," paparnya seraya menambahkan grup seninya juga sempat manggung di negara sakura Jepang.
Masih dikatakan Aang hal terpenting adalah kesenian bisa terus bertahan dan tidak pernah dilupakan karena ditakutkan lama kelamaaan kesenian itu bisa diambil orang. "Di luar negeri kesenian sudah ada fakultas keseniannya yang memperkenalkan kesenian sunda. Maka itu kita dari yang punya harus memperkuat dan melestarikan lagi kebudayaan kita sendiri," paparnya. (apk)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template