Seminggu Sekali Siswa SDN 1 Tegalmunjul Belajar Ala Santri - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Seminggu Sekali Siswa SDN 1 Tegalmunjul Belajar Ala Santri

Seminggu Sekali Siswa SDN 1 Tegalmunjul Belajar Ala Santri

Written By Admin Raka on Selasa, 06 Februari 2018 | 13.15.00

PURWAKARTA,RAKA- Pelajar, guru dan seluruh warga Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Tegalmunjul Purwakarta, melaksanakan kegiatan Nyucikeun Diri dengan membaca nadzom, sholawat, yasin, dzikir, dan salat Duha berjamaah setiap seminggu sekali. Kegiatan ini bagian dari pendidikan berkarakter berdasarkan Perbup Nomor 69 Tahun 2015 tentang pendidikan berkarakter. Kegiatan ini seperti santri di pondok pesantren.
Kepala Dinas Pendidikan Purwakarta, H. Purwanto, menerangkan kegiatan seperti ini sudah berjalan sejak tahun 2015. “Kegiatan  Nyucikeun Diri Pendidikan di Purwakarta sudah berjalan sejak tahun 2015, kalau sebelumnya ada pembacaan Alquran, pelajaran kitab kuning, salat Duha, salawat, hari ini kita tambah dengan Nadzom Papagon yang isinya adalah syair petuah baik, yang di baca dengan lagu, sehingga anak-anak juga merasa senang,” terang Purwanto, kepada awak media, Senin (5/2).
Ia juga mengatajan, kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai salah satu dari 7 Poe Atikan Istimewa (7 Hari Pendidikan Istimewa). "Nyucikeun Diri memiliki arti yakni mengantarkan diri pada kesucian, maksudnya adalah kesucian hati, jiwa dan pikiran, agar tetap terjaga dan selalu dekat dengan tuhannya," jelas Purwanto.
Ditambahkannya, kegiatan tersebut merupakan bagian dari kegiatan untuk menjadikan siswa sekolah negeri sebagaimana santri, dengan menggali dan mengembangkan segala bentuk potensi. “Ini bagian dari upaya untuk mengembangkan pendidikan karakter, mengeksplorasi semua potensi murid dengan pendidikan bernilai religi, demi masa depan dan akhlak generasi penerus agar nantinya bisa menjadi generasi yang dapat di banggakan,“ pungkasnya. (cr2)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template