Sekeluarga Keracunan Jamur Melinjo - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sekeluarga Keracunan Jamur Melinjo

Sekeluarga Keracunan Jamur Melinjo

Written By Admin Raka on Rabu, 28 Februari 2018 | 11.00.00

PURWAKARTA,RAKA - Enam warga Kampung Neglasari, RT 15, RW 03, Desa Gurudug, Kecamatan Pondoksalam, Kabupaten Purwakarta, terpaksa dilarikan ke Rumah Sakit Umum (RSUD) Bayu Asih, Selasa (27/2). Keenam warga itu, terpaksa harus mendapatkan perawatan medis lantaran diduga telah keracuan jamur melinjo.
Diketahui, keenam korban tersebut antara lain Iros (39), Siti Nurlaila (30), Asep (35), Ifan, Amel (7) dan Bayu (16). Mereka merupakan satu keluarga.
Korban rata-rata mengalami gejala mual, pusing dan muntah-muntah yang disertai buang air besar. Hingga saat ini keenam korban tengah menjalani perawatan medis karena kondisinya sempat kritis. "Iya, setelah makan jamur jadi gini. Kami makan bareng-bareng," kata Iros, salah seorang korban.
Dirinya mengaku jika jamur itu diambil dari kebun melinjo yang tak jauh dari perkampungan. Kemudian dimasak dan dijadikan lauk nasi untuk santapan keluarga. "Selang beberapa jam kemudian, kami mendadak mual dan pusing, bahkan muntah dan buang air besar."ujar Iros.
Karena kondisinya cukup mengkhawatirkan, satu keluarga ini kemudian dibawa ke rumah sakit oleh tetangganya.
Di tempat yang sama, Direktur Rumah Sakit Umum Bayu Asih, Agung Darwis mengatakan, semua korban memiliki gejala klinis seperti mual, pusing, muntah, buang air besar, lemas serta berlebih air liur. Dari tanda-tanda itu disimpulkan jika pasien mengalami keracunan. "Setelah kami tanya ternyata pasien diketahui telah mengonsumsi jamur yang tumbuh persis di bawah pohon melinjo. Biasanya jamur itu tumbuh subur disaat musim hujan. Kandungan nitrit yang ada dalam jamur itulah yang menyebabkan keracunan," ungkap Agung.
Agung menjelaskan, kasus keracunan ini, masuk kategori luar biasa, dan peristiwa di Desa Gurudug ini baru pertama kali terjadi. Sebelumnya kasus serupa sering terjadi di Kecamatan Sukatani. "Kami mengimbau agar masyarakat, untuk tidak mengonsumsi jamur yang tumbuh di bawah pohon melinjo atau dengan sebutan jamur melinjo. Karena jamur tersebut mengandung racun. Jika tidak tertolong kondisinya bisa fatal,” pungkasnya. (gan)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template