Sehari Telukjambe Timur Sumbang 1 Ton Sampah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sehari Telukjambe Timur Sumbang 1 Ton Sampah

Sehari Telukjambe Timur Sumbang 1 Ton Sampah

Written By Admin Raka on Kamis, 15 Februari 2018 | 14.00.00

TELUKJAMBE TIMUR , RAKA - Selain banjir, sampah menjadi permasalahan lain di wilayah Kecamatan Telukjambe Timur. Seperti tersumbatnya saluran air dan volume sampah meningkat termasuk sampah dalam karung.
"Kalau hari biasa volume sampah  mencapai 200 - 300 kilogram per harinya, tetapi di musim hujan ini bisa mencapai 5 rate atau setara dengan 1ton sampah setiap harinya," kata Hasan (30) petugas sampah di wilayah Telukjambe Timur kepada Radar Karawang, Rabu (14/2). Ditambahkan Hasan, dia memulai mengangkuti sampah mulai pukul 04.50.WIB di beberapa lingkungan Kecamatan Telukjambe Timur. Ada 32 titik pos sampah yang mesti diangkut setiap hari. Pengangkutan dilakukan dari pagi hingga sore hari bahkan sampai jam 21.00 WIB.
Hasan menambahkan tingginya volume sampah saat ini disebabkan sampah dari sungai.  Karena itu dia berharap agar masyarakat dapat mengubah kebiasaan dengan tidak membuang sampah di sungai, karena selama ini sungai menjadi pembuangan sampah terutama di daerah padat penduduk. "Masyarakat harus peduli dan mengubah kebiasaannya, tidak membuang sampah ke sungai," ujarnya.
Peningkatan volume sampah ini, diakui Hasan terjadi karena beberapa faktor. Salah satu yang utama adalah meningkatnya sampah dari luapan sejumlah kali yang terbawa arus dan sampai di selokan-selokan kecil. Dirinya pun membeberkan bahwa sampah itu terbawa air dari dataran atas ke bawah dan terkumpul di pemukiman warga. "Beruntungnya warga yang peduli dikumpulkan pada satu titik dan kami ambil langsung di beberapa titik sehingga tidak terkesan kumuh," ucapnya.
Sejauh ini, ungkap Hasan, pengelolaan sampah di wilayah Telukjambe Timur bisa berjalan dengan baik. Distribusi sampah sampai ke TPA Jalupang. Sementara armada sampah yang digunakan sebanyak 3 mobil dengan anggota yang kerja 8 orang dan semua bisa tertangani dengan baik.
Hanya saja, Hasan mengeluhkan kecilnya gaji yang mereka terima. "Alhamdulillah, kalau memang gaji kami mau ditambah. Tetapi yang utama kami berharap masyarakat bisa merubah pola hidup membuang sampah sembarangan," tandasnya. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template