Sebelum Lengser Kades Harus Bersih - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sebelum Lengser Kades Harus Bersih

Sebelum Lengser Kades Harus Bersih

Written By Angga Praditya on Jumat, 02 Februari 2018 | 15.00.00

RAWAMERTA, RAKA- Inspektorat akan melakukan pemeriksaan kepada setiap kepala desa diakhir masa jabatannya. Sebelum lengser, kepala desa harus bersih dari tanggung jawabnya selama menjabat. Dana bantuan pemerintah harus dipertanggung jawabkan dengan baik dan dilaporkan secara terperinci. Tahun 2018 dan 2019 mendatang, ada 67 kepala desa yang akan habis masa jabatannya.
Menurut Pengawas Pemerintah Desa Irban 3 Inspektorat Kabupaten Karawang Hendra Djaya, pemeriksaan akhir masa jabatan kepala desa tersebut akan dilakukan 6 bulan sebelum masa jabatan kepala desa habis. Semua dana bantuan pemerintah akan diperiksa. Dan hasil dari pemeriksaan tersebut akan di sampaikam kepada Bupati Karawang untuk menentukan para kepala desa dapat memcalonkan diri kembali atau tidak. "6 bulan sebelum masa jabatan kades habis, maka akan diadakan pemeriksaan khusus. Karena disitu kades harus membuat laporan selama masa jabatan," katanya, setelah melakukan pemeriksaan di Desa Sukamerta, Kamis (2/1).
Di katakannya, seluruh bantuan pemerintah seperti DD, ADD, DBH, Bangub dan lainnya akan di periksa. Dan yang paling penting lagi yang terakhir, karena yang seharusnya pemeriksaan reguler, tapi masuk kepada pemeriksaan yang terakhir. Seluruh kinerja kepala desa diperiksa. Karena tanggung jawab bukan hanya kepala desa, tapi juga lembaga desa. Dan ada yaitu 4 aspek yang diperiksa. "Pertama tugas pokok dan fungsi, kedua SDM, ketiga aspek aset, dan yang ke empat yaitu keuangan. Seluruh aspek kinerja kepala desa," ucapnya.
Pasalnya, jika dalam pemeriksaan ditemukan penemuan, akan menjadi pertimbangan bupati. Dan berpenggaruh kepada bisa atau tidaknya kades tersebut mencalonkan kembali. "Tergantung kebijakan bupati, kinerjanya selama 6 tahun bagaimana, akan menjadi pertimbangan bupati," tutup Hendra. (rok)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template