Satpol PP tak Ikut Tertibkan APS - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Satpol PP tak Ikut Tertibkan APS

Satpol PP tak Ikut Tertibkan APS

Written By Admin Raka on Rabu, 21 Februari 2018 | 14.00.00

KOTABARU, RAKA - Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Kotabaru mulai menertibkan alat peraga sosialisasi (APS) yang terpasang di berbagai perlintasan yang ada di wilayahnya. Namun tidak seperti biasanya, Satpol PP yang biasanya sebagai eksekutor, kini tidak ikut melakukan penertiban lantaran belum mendapat intruksi dari Kasatpol PP.
"Sebanyak 200 alat peraga sosialisasi yang terpasang di jalan protokol, di jalan poros desa hingga yang masuk wilayah Kecamatan Kotabaru, sudah kami tertibkan. Itu spanduk calon gubernur yang belum ada nomor urutnya," ujar Rizal Fuad Mutaqin, Divisi Organsiasi dan SDM Panwas Kotabaru, kepada Radar Karawang saat ditemui di sekretariat, Selasa (20/2).
Menurutnya, proses pelaksanaan penertiban APS yang seharusnya dibantu Satpol PP Kecamatan kali ini tidak. Karena hasil konfirmasi dengan pihak Satpol PP, mereka belum mendapat surat intruksi dari pimpinannya di Mako Satpol PP Karawang. Oleh karenanya APS yang menyalahi aturan ditertibkan sendiri oleh panwas dengan tidak melibatkan Satpol PP. "Kami (Panwascam) intruksi dari atasnya tanggal 15 Februari, semua wilayah harus mencopot spanduk atau alat praga sosialisasi yang terpasang di setiap perlintasan dan tempat-tempat yang dilarang untuk dipasang," ujarnya.
Dia sendiri mengakui, proses penertiban APS tidak sesuai prosedur, karena yang seharusnya menjadi eksekutor adalah Satpol PP, sedangkan panwascam hanya mendampingi.
"Ya mau gimana lagi, ini juga kita mulainya tanggal 16 Februari lambat 1 hari, seharusnya anggota Satpol PP yang bergerak dan menertiban semua spanduk ini bukan kami," katanya.
Akan tetapi, sambung dia, meski peranan Satpol PP di tingkat Kecamatan Kotabaru terbilang tutup mata. Namun hal itu terus diupayakan agar berbagai pelaksanaan agenda yang sudah diruuskan Panwascam Kotabaru bisa berjalan dengan lancar. "Merekakan belum ada intruksi dari Makonya. sedangkan kami juga harus menjalankan intruksi dari Panwas Kabupaten," ucapnya.
Masih dikatakan Rizal, penertiban berbagai alat praga yang terpasang di sepanjang jalan tersebut, hanya ditertibkan alat praga sosialisasi yang tidak bernomor urut. Hal itu dikarenakan saat ini masuk masanya kampanye Calon. "Kebanyakan APS yang dicabut itu spanduk Ridwan Kamil dan Sudrajat - Ahmad Syaikhu dari Partai Gerinda. Jumlahnya kurang lebih 200 spanduk," ujarnya.
Ketua Panwascam Kotabaru Agus Virgo menambahkan, untuk saat ini Panwascam Kotabaru masih dalam menjalankan berbagai pengawasan Coklit, yang dilakukan disetiap desa. "Coklit dilakukan oleh PPDP yang mengawalnya PPL. Coklit dilakukan kepada calon pemilih, ini yang kami terus awasi," ucapnya.
Selain itu proses penertiban APS terus dilakukan oleh Panwascam karena mengikuti aturan main pemilu. Setiap APS yang menyalahi aturan, seperti menyalahi tempat pemasangan dan lain sebagainya, maka ditertibkan oleh Panwascam. "Kami mencopot berbagai spanduk yang menyalahi aturan, tinggal di beberapa titik saja, seperti di wilayah jalan pedesaan saja yang belum dibersihkan, itu juga secepatnya akan segera dibersihkan," tandasnya. (ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template