Santri Annihayah Jago Pencak Silat - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Santri Annihayah Jago Pencak Silat

Santri Annihayah Jago Pencak Silat

Written By Admin Raka on Senin, 26 Februari 2018 | 17.15.00

RAWAMERTA, RAKA- Pintar mengaji sudah menjadi ciri seorang santri, namun selain pintar mengaji, santri juga diwajibkan untuk bisa menjaga diri. Hal tersebut dikatakan pengurus Pondok Pesantren Annihayah, Sadudin Taftazani dalam peresmian ekstrakulikuler pencak silat Putra Setia di halaman Ponpes Annihayah, Minggu (25/2) kemarin.
Menurutnya, ekskul pencak silat merupakan kewajiban yang harus diikuti oleh semua santri yang berada di Ponpes Annihayah. Karena, selain untuk menjaga diri, pencak silat juga merupakan media dakwah dalam penyebaran keilmuan agama. "Supaya pencak silat Putra Setia bisa bersinergi dengan pesantren, sekaligus dakwah lewat pencak silat," ucapnya.
Lebih lanjutnya, peresmian pencak silat Putra Setia ini, sudah satu tahun berdiri di Ponpes Annihayah, dan tidak ada kaitannya dengan isu PKI yang saat ini banyak di perbincangkan di media sosial. Dimana, para ustad dan kiayi yang menjadi sasaran serangan orang gila. Hanya saja, agar lebih meresap dengan pesantren, pencak silat diresmikan agar bisa bersinergi dengan ponpes dan santri.
Diwajibkannya siswa untuk ikut serta dalam ekskul pencak silat di ponpes Annihayah,lanjutnya, merupakan cara santri dalam mempertahankan dan menjaga diri. Selain bisa mengaji, tidak ada salahnya santri juga dibekali dengan berbagai ilmu silat.
Selebihnya, sambung H Adun, sapaan akrab Sadudin Taftazani, pencak silat merupakan warisan budaya Indonesia yang mesti dipertahankan. Di satu sisi, santri sebagai warisan dari para ulama untuk mempertahankan sisi keagamaan warisan para ulama dan mempertahankan ajaran Ahlussunah, di sisi lain, santri juga harus bisa menjaga budaya negaranya sendiri, seperti halnya pencak silat ini. "Selain mempertahankan kesantriannya, kita juga harus bisa menjaga budaya lokalnya," tutupnya. (rok)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template