Sampah Liar Marak di Ciampel - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sampah Liar Marak di Ciampel

Sampah Liar Marak di Ciampel

Written By Admin Raka on Selasa, 13 Februari 2018 | 17.15.00

CIAMPEL, RAKA – Bau tak sedap dan menyengat sudah beberapa tahun dirasakan oleh sejumlah siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Ciampel dan masyarakat setempat saat  melintasi jalan Desa Kutapohachi, Kecamatan Ciampel. Pasalnya meski sudah diberikan anacaman hukuman pidana bagi pembuang sampah sembarangan oknum pembuang sampah masih bebas berkeliaran.
Salah satu guru di SMPN 1 Ciampel, Yayat Supriyatna mengaku bosan dengan kondisi tersebut, karena meski sudah beberapa kali menegur kepada masyarakat untuk tidak melakukan buang sampah di sembarang tempat. Namun tetap saja aktivitas pembuangan sampah masih terjadi. "Sudah bosen saya juga negurnya, ada lagi ada lagi," ucapnya.
Ketua Bank sampah di ciampel, Erna juga mengatakan, bahwa kondisi tersebut sudah tidak asing lagi di kota kelahirannya itu, hampir setiap lokasi sepi di wilayah Ciampel kerap dijadikan lokasi tempat pembuangan sampah sementara. Padahal kata dia, sudah jelas hukuman pidana bagi setiap oknum yang membuang sampah sembarangan. "Di Ciampel sendiri masih banyak lokasi yang dijadikan tempat pembuangan sampah sementara," ucapnya.
Tercatat kata dia, hampir di setiap satu desa yang ada di wilayah Kecamatan Ciampel memiliki lokasi tempat pembuangan sampah sementara lebih dari 5 titik. Maka tak heran jika segala penyakit yang menyerang masyarakat begitu mudah datang. "Gimana mau sehat, sampah dimana-mana," ucapnya.
Tak hanya itu, dengan kebaradaan bank sampah yang sudah ada di wilayah Ciampel sendiri masih belum bisa menjadi solusi terkait persoalan sampah. Sebab, masih banyak masyarakat yang kerap melakukan pembuangan sampah secara semabarangan. Padahal kata dia, sampah yang mereka buang sendiri bisa bermanfaat jika bisa digunakan dengan sebaik mungkin. "Di bank sampah mereka bisa membuang sampah dan mendapatkan imbalan seperti uang," ucapnya.
Hal serupa disampikan Irmawati, salah satu siswi SMPN 1 Ciampel, dia mengaku tidak ada pilihan lain selain melewati jalan yang berbau sampah tersebut. Meski sudah sering melintasi jalan tersebut, tetapi dia tetap merasa tidak nyaman saat melintas baik berangkat maupun pulang sekolah, karena kondisinya memang bau. "Iya nggak ada jalan lagi soalnya, mau tidak mau lewat sini, bau sih bosen juga," akunya.(yna)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template