Sampah Liar di Karangsinom Cemari Sawah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sampah Liar di Karangsinom Cemari Sawah

Sampah Liar di Karangsinom Cemari Sawah

Written By Angga Praditya on Selasa, 06 Februari 2018 | 14.00.00

TIRTAMULYA,RAKA - Berada di daerah pedalaman, membuat sejumlah persoalan yang ada di Kecamatan Tirtamulya tidak bisa diatasi, terutama persoalan sampah. Seperti yang terpantau di wilayah Kampung Karang Benda RT 04/02, Desa Karangsinom, terdapat tumpukan sampah liar yang menggangu pemandangan dan sudah mengeluarkan bau busuk.
Edi (42), warga Karang Benda RT 04/02, Desa Karangsinom menyampaikan, jika sampah yang berserakan dan menumpuk diperlintasan utama wilayahnya, sudah sejak lama muncul. Hal itu memang dinilai sangat mengganggu keindahan lingkungannya. "Ini sudah lama ada, katanya sih mau ada penempatan bak sampah nantinya, karena kalau dibiarkan ini sudah mengeluarkan bau juga," ujar Edi, kepada Radar Karawang, Senin (5/2).
Ia melanjutkan, keberadaan sampah tersebut tidak hanya mulai mengeluarkan aroma tidak sedap. Namun, karena posisinya berada di lahan teknis pertanian, maka bisa memicu kualitas padi saat panen. "Apalagi, itu lokasinya disampingnya lahan pertanian, ini jelas bakal mempengaruhi hasil pertanian, karena pencemaran limbah rumah tangga," ucapnya.
Dilokasi yang sama, Kepala Bidang Lingkungan Hidup (LH) Himpunan mahasiswa Islam (HmI) Cabang Karawang, Suradi Sotan Sobari menyampaikan, tumpukan sampah yang berada di wilayah Kampung Karang Benda perbatasan dengan Kampung Krajan Desa Karangsinom itu jika dibiarkan akan berdampak terhadap kualitas sektor pertanian yang berada di wilayah tersebut. Hal itu dikarenakan keberadaan TPS liar tersebut tepat tidak jauh dari lokasi hektaran sawah yang ada di wilayah ini. "Ini jangan sampai dibiarkan, karena jika dibiarkan akan berdampak terhadap kualitas padi. Karena posisinya tepat di pinggiran lahan pertanian," katanya.
Maka dari itu, dia menegaskan, sudah sepatutnya pemerintahan Desa Karangsinom, untuk segera mungkin menyediakan TPS sehingga sampahnya bisa dibuang ditempat yang seharusnya dan tidak merusak pemandangan serta memberikan kerugian kepada para petani. "memang karena belum punya TPS juga, diharapkan pemerintah segara menganggarkan TPS agar pembuangan sampah bagi warga di wilayah ini tertata rapih dan tidak mencemari lingkungan nantinya," pungkasnya. (ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template