Saluran Pembuang Dipenuhi Sampah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Saluran Pembuang Dipenuhi Sampah

Saluran Pembuang Dipenuhi Sampah

Written By Admin Raka on Selasa, 20 Februari 2018 | 17.15.00

RENGASDENGKLOK, RAKA- Saluran pembuang di Desa Rengasdengklok Selatan dipenuhi sampah. Untuk membersihkannya, warga gotong royong membuang sampah yang menumpuk di saluran air tersebut.
Kepala Desa Rengasdengklok Selatan, Darim, dirinya ingin membangkitkan kembali kebudayaan gotong royong tersebut agar tetap lestari di desanya. Dalam kegiatan kerja bakti tersebut, ia mengerahkan kurang lebih 40 orang masyarakat serta perangkat desa untuk membersihkan saluran pembuang atau Apur Bedeng. "Kita ajak masyarakat untuk kerja bakti, mulai dari Dusun Warudoyong Selatan hingga ke saluran Apur Bedeng RT 48/10," ucapnya, kepada Radar Karawang.
Seraya turun langsung ikut menbersihkan, Darim mengatakan, moment yang tepat untuk melakukan kerja bakti dalam membersihkan saluran pembuang untuk meminimalisir terjadinya banjir. Pasalnya, musim hujan kali cukup deras, dan jika tidak segera dilakukan normalisasi tentunya banjir akan kembali melanda. "Mumpung hujannya lagi gak ada, kita manfaatkan untuk kerja bakti mebersihkan saluran pembuang dari sampah," ujarnya.
Kegiatan rutin ini akan terus dilakukan, selain membersihkan sampah dari saluran pembuang, agar menjadi kebiasaan masyarakat. Ketika melihat tumpukan sampah, dirinya tidak harus mengintruksikan lagi kepada masyarakat. Di dampingi Bhabinsa, masyarakat yang tidak ikut turun turut menyumbang, baik dana maupun konsumsi. Selain karung yang dipersiapkan untuk menampung sampah tersebut agar tidak hanya dialirkan, dan bisa diangkat untuk dibersihkan dan dibuang, ada juga salah satu pusat perbelanjaan menyumbangkan karung plastik.
Selanjutnya, kegiatan kerja bakti ini akan terus dilakukan jika keadaan memungkinkan dan menjadi agenda rutinan desa setiap bulan. "Kita akan terus lakukan kerja bakti, sekaligus menghidupkan budaya yang sudah hampir punah. Selain itu manfaatnya juga banyak," ungkapnya. (rok)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template