Relawan BPBD Minta Honor Setara UMK - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Relawan BPBD Minta Honor Setara UMK

Relawan BPBD Minta Honor Setara UMK

Written By Admin Raka on Rabu, 28 Februari 2018 | 12.15.00

LEMAHABANG WADAS, RAKA - Relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) pasti tangguh. Mereka harus siap setiap saat, karena bencana datang tanpa mengenal waktu. Namun, ada yang membuat mereka gelisah, yaitu honor yang didapat tergolong masih kecil.
Relawan BPBD asal Lemahabang, Maman mengatakan, sepanjang tahun 2017, pihaknya terlibat dalam sejumlah aksi kemanusiaan penanggulangan bencana. Saat orang menjauhi tragedi kebakaran, banjir, longsor, korban tenggelam, hingga puting beliung, para relawan BPBD justru mendekat. Kerjanya, selain mendata korban dan peristiwanya, BPBD terjun langsung menolong dan mengevakuasi korban. Itu dilakoninya tanpa kenal waktu, karena bencana acapkali datang tak terduga. Bisa siang, bahkan malam. "Itu sudah menjadi tanggung jawab dan tugas kita," ungkapnya kepada Radar Karawang, Selasa (27/2) kemarin.
Disinggung honor, Maman menyebut, seorang relawan kemanusiaan tidak merisihkannya dan menerima saja. Namun, tentu manusiawi jika dia mengharapkan honor yang diperolehnya bisa setara UMK. Karena yang dia dapat selama 2017 kemarin, hanya Rp 600 ribu per bulan, itupun diberikan per triwulan. "Katanya mau dinaikan bertahap. Semoga saja ada kenaikan sampai (setara) UMK," tuturnya.
Di sisi lain, penempatan relawan di setiap kecamatan hanya 1 orang. Meski demikian, dia tetap konsisten menjalani tugasnya. "Saya yakin pihak BPBD dan pemkab tidak akan berdiam diri," ujarnya. 
Kepala BPBD Karawang Banuara Nadeak mengatakan, jumlah relawan BPBD ada sekitar 40 orang yang tersebar di 30 kecamatan. Jika melihat rasio, jumlah itu masih kurang karena di setiap kecamatan hanya satu orang saja. Bahkan yang membuatnya salut, kekompakan dan kesigapan mereka. Sedangkan honor para relawan tahun ini sudah diplot naik menjadi Rp 750 ribu per bulan. Bahkan dia sedang berupaya tahun 2019 para relawan BPBD dihonor Rp 1,5 juta per bulan. "Saya juga prihatin karena kerja mereka siang malam memastikan kenyamanan masyarakat yang terdampak bencana," ungkapnya. (rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template