Rebutan Perbaikan Jalan di Musrenbang - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Rebutan Perbaikan Jalan di Musrenbang

Rebutan Perbaikan Jalan di Musrenbang

Written By Mang Raka on Senin, 12 Februari 2018 | 16.29.00

JATISARI, RAKA  - Pembangunan infrastruktur masih menjadi fokus pembahasan dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) di dapil V. Lima Kecamatan yakni Kecamatan Tirtamulya, Kotabaru, Cikampek, Banyusari dan Jatisari itu melalui perwakilanya berebut untuk bisa masuk skala prioritas dalam musrenbang untuk bisa terealisasi pada tahun 2019 mendatang.
Ahmad Rivai (32), warga Kampung Kalioyod, Desa Wancimekar, Kecamatan Kotabaru menyampaikan, jika peningkatan infrastruktur jalan yang ada di wilayahnya, memang masih terbilang belum stabil. Hal itu masih terdapat jalan poros kecamatan ataupun desa di wilayahnya mengalami kerusakan. "Masih ada jalan utama diperlintasan Jalan Raya Mesran Kalioyod yang rusak, bahkan karena lubang cukup dalam, warga sekitar menanaminya sama pohon pisang," ungkapnya, kepada Radar Karawang saat ditemui di lokasi jalan utama Kalioyod yang ditanami pisang seminggu lamanya, Minggu (11/2).
Ia melanjutkan, harusnya pemerintah desa ataupun daerah bergerak cepat untuk melakukan perbaikan infrastruktur jalan yang ada di wilayahnya. Karena selama ini banyak masyarakat yang mengeluh dan merasa tidak nyaman saat melintasi jalan tersebut. "Apalagi anggaran tiap tahun ada, tapi masih ada saja jalan yang rusak," katanya.
Hal senada disampaikan, Badrudin (23) warga kampung Bakansewi, Desa Jatisari, Kecamatan Jatisari, persoalan infrastruktur jalan memang sudah sepantasnya menjadi skala prioritas dalam pembangunan. Karena, masih banyak jalan poros desa, kecamatan bahkan kabupaten di wilayahnya yang belum tersentuh anggaran perbaikan. "Pastinya masih banyak tugas para pejabat di dapil V ini, untuk memprioritaskan pembangunan infrastruktur jalan, karena sampai saat ini masih ada sejumlah jalan utama yang mengalami kerusakan," katanya.
Untuk perbaikannya pun, kata badrudin, jangan hanya sebatas formalitas saja, tapi harus menuntaskan tanggungjawab pekerjaan sebagai pejabat. Karena itu yang sangat ditunggu oleh masyarakat. "Kalau emang ini sudah diajukan dalam musrembang dapil, mudah-mudahan saja ini bisa terealisasi," ujarnya.
Ketua Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Karawang Eka Sanatha menyampaikan, hampir 70 persen pembangunan fisik infrastruktur jalan di dapil V Karawang sudah merata. Namun masih ada tersisa yang sama sekali belum tersentuh pembangunan fisik. Sehingga mayoritas usulan dari para kepala desa pada saat tanya jawab dikegiatan musrembang dapil tersebut, lebih seputar jalan poros dan lingkungan. "Jadi keluhan yang disampaikan para kepala desa baik dari Kecamatan Tirtamulya, Kotabaru, dan Jatisari terkait kondisi jalan poros antar kecamatan," paparnya.
Hal Senada disampaikan, H.Acep Suyatna dari Fraksi PKB DPRD Karawang, bahwa peningkatan jalan poros desa dan kecamatan harus diprioritaskan. Pasalnya, masyarakat di wilayah ini yakni Jatisari, Banyusari dan Tirtamulya adalah masyarakat pertanian. "Mumpung ada perwakilan dari unsur eksekutif yakni Bappeda Karawang. Perlu diketahui peningkatan dan perbaikan jalan poros harus dinomor satukan program dari Dinas PUPR Karawang. Kondisi jalan poros yang yang belum dibangun dan banyak yang sudah rusak," katanya.
Masih dikatakannya, untuk wilayah Kotabaru dan Cikampek kebutuhan infrastruktur jalan tidak terlalu signifikan, sebab kedua kecamatan tersebut sebagai kota penyangga yang sudah terpenuhi kebutuhan infrastrukturnya. "Meskipun masih dibutuhkan peningkatan jalan tapi tidak signifikan dibandingkan tiga kecamatan yakni Jatisari, Banyusari dan Tirtamulya, tetap saja ini harus merata karena masih ada beberapa titik di Kotabaru maupun di Cikampek yang mengalami kerusakan," ucapnya.
Sementara itu, H Danu Hamidi, berjanji akan mendorong Pemerintah Karawang. Agar kebutuhan infrastruktur di tiga kecamatan yakni Jatisari, Banyusari dan Tirtamulya sebagai akses jalan penunjang ke areal pertanian harus menjadi prioritas. "Kita para wakil rakyat akan mendorong kepada pihak pemerintah. Supaya beberapa keluhan dari masyarakat dapat direalisasikan guna memenuhi keinginan masyarakat," pungkasnya. (ian)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template