Puskesmas Ciampel Buka Tiap Hari - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Puskesmas Ciampel Buka Tiap Hari

Puskesmas Ciampel Buka Tiap Hari

Written By Admin Raka on Senin, 26 Februari 2018 | 14.15.00

Ispa Penyakit Paling Tinggi Tiap Bulan

CIAMPEL, RAKA - Buruknya cuaca yang melanda wilayah Kabupaten Karawang khusunya Ciampel membuat sejumlah masyarakat terserang berbagai penyakit mulai dari badan panas hingga flu juga penyakit lainnya. Untungnya meski hari libur pelayanan kesehatan tetap terbuka.
Kepala UPTD Puskesmas Ciampel, Asep Sunarya mengatakan, masyarakat sudah tidak mesti khawatir dengan pelsyanan kesehatan di Ciampel. Sebab, selain tersedianya Poned pelayanan kesehatan lainnya juga bisa dilakukan di hari libur. "Sengaja kita buka setiap hari, yang jaga juga kita roling dengan petugas kesehatan lainnya," ucapnya.
Menurutnya dengan kondisi cuaca saat ini masyarakat diharapkan mampu menjaga kesetabilan tubuh serta terus melakukan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) agar tidak mudah terserang penyakit. Bayangkan saja kata dia, hampir setiap hari cuaca yang tidak stabil hujan dan kemarau masih belum bisa diprediksi. "Biasanya kalau cuaca begini kebanyak warga mengalami panas badan," ungkapnya.
Tidak hanya itu, selain cauaca yang buruk sejumlah masyarakat juga masih mengalami penyakit salura pernapsan yang terjadi tak lain karena buruknya polusi di wilayah Ciampel. Menurutnya dengan banyaknya pembangunan industri juga membuat masyarakat terkena dampaknya. "Penyakit saluran pernapasan tetap yang sering dialami warga, memang seperti itu biasanya," ucapnya.
Maka tak heran jika masyarakat sendiri banyak yang menderita gangguan saluran pernapasan. Tercatat kata dia, dalam satu bulan terakhir yang terserang penyakit Ispa dari warga Ciampel sebanyak 325 orang. Hasil tersebut merupakan capaian paling tertinggi diantara bulan kemarin. "Rata-rata setiap bulan hamir mencapai ratusan," akunya.
Dia juga menjelaskan dari berbagai penyakit yang dialami warga dinataranya ISPA ada sebanyak 325, febris 76 dispepsia 91, mialgya 85, hepertensi 64, influensa 94 diare 46 ephalgia 62, faringitis 62, penyakit kulit lainnya 55 dan lain-lain 681. "Dari setiap bulannya ispa tetap paling banyak yang dialami warga," ungkapnya.
Dengan kondisi tersebut dirinya menyarankan kepada setiap masyarakat untuk bisa menjaga perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) secara terus menerus agar tidak terjangkit penyakit kembali. Tidak hanya itu setiap masyarakat juga mesti rutin melakukan pengobatan atau pengecekan ke setiap puskemas sebagai salah satu pengobatan. "Periksa kesehata secara teratur atau cek kesh," pesannya. (yna)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template