Pungli Bayang-bayangi Kepsek di Kotabaru - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pungli Bayang-bayangi Kepsek di Kotabaru

Pungli Bayang-bayangi Kepsek di Kotabaru

Written By Admin Raka on Kamis, 15 Februari 2018 | 14.15.00

KOTABARU, RAKA - Selama ini para pendidik di wilayah Kotabaru selalu dibayang-bayangi ketakutan berkaitan dengan pungutan liar (Pungli). Terlebih setelah adanya dugaan pemerasan yang dilakukan oleh oknum wartawan terhadap operator salah satu SD di Kotabaru. Namun, rasa takut dan was-was itu sudah hilang setelah Tim Saber Pungli Polres Karawang melakukan sosialisasi.
Ketua Ikata Guru Olahraga Kecamatan Kotabaru Nunu Nugraha menyampaikan, jika selama ini para pendidik yang ada diberbagai tingkatkan lembaga, cukup dilema dengan ketidak tahuannya terhadap larangan pungutan. Sehingga, ini dapat menjadi penghambat dalam mengembangkan kualitas kemampuan siswa di sekolah. "Akhirnya, kami cukup lega, karena saat ini kami sudah ngerti. Jadi untuk mengambil kebijakan atau apapun bentuknya harus sesuai aturan yang berlaku, dan harus hasil keputusan bersama," ungkap Nunu, kepada Radar Karawang usai acara sosialisasi di SDN Pucung III, Rabu (14/2).
Ia melanjutkan, apalagi peristiwa sebelumnya sudah ada yang menjadi korban akibat ketakutan dalam menjalankan tugas kebijakan atasan. Sehingga akhirnya, ini berbuntut terhadap semuanya. "Nah setidaknya kami jadi bisa menambah wawasan seputar pungutan liar yang dilarang tidak boleh diminta di sekolah, jadi kami bisa tenang dalam menjalankan profesi kami untuk saat ini," ucapnya.
Ketua PGRI Kecamatan Kotabaru Iwa Hirana menyampaikan, kegiatan tersebut dihadiri Kepala Sekolah Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Kepala SMA/SMK. Belajar dari pengalaman yang telah terjadi dalam salah mengambil keputusan sekolah. "Ini bagus dan sangat bermanfaat untuk menjawab dilema para kepala sekolah biar dalam mengambil kebijakannya tepat, tidak lagi muncul keluhan ataupun salah dalam prosedurnya," katanya.
Menurutnya, kegiatan ini untuk menunjang kebijakan pemerintah dalam melaksanakan reformasi di bidang hukum sebagai bentuk upaya menciptakan pemerintahan yang bersih, jujur, dan adil guna mewujudkan penegakan hukum dikalangan dunia pendidikan. "Sosialisasi ini dilaksanakan agar dapat  memberikan kesadaran yang tinggi terhadap para kepala sekolah dalam menjalankan kebijakan," ujarnya.
Anggota Tim Saber Pungli Polres Karawang, Mutiara menyampaikan, kegiatan tersebut dilakukan berdasarkan permintaan dari sejumlah sekolah, agar Tim Saber Pungli hadir memberikan sosialisasi.  Sebab, pasca adanya pemerasan kepala sekolah oleh oknum wartawan muncul ketakutan di kalangan pengambil kebijakan di sekolah. "Diharapkan sosialisasi ini bukan hanya mengatasi keresahan yang terjadi di sekolah, tetapi juga bisa menekan praktik pungli di seluruh satuan pendidikan," pungkasnya. (ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template