PT SSM Terbukti Cemari Citarum, Ditutup Sementara Polda Jabar - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » PT SSM Terbukti Cemari Citarum, Ditutup Sementara Polda Jabar

PT SSM Terbukti Cemari Citarum, Ditutup Sementara Polda Jabar

Written By Admin Raka on Jumat, 02 Februari 2018 | 13.00.00

PURWAKARTA,RAKA - PT Sinar Sukses Mandiri (SSM) yang berlokasi di Kampung Congheang, Desa Cilangkap, Kecamatan Babakan Cikao, Kabupaten Purwakarta, ditutup sementara oleh Polda Jabar. Penutupan tersebut dilakukan lantaran perusahaan tersebut diduga kerap membuang limbah cair secara langsung ke daerah aliran sungai (DAS) Citarum.
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Purwakarta, Didi Suardi, mengatakan, sebelumnya pihak perusahaan sempat berkilah kepada Dinas Lingkungan Hidup Purwakarta, tidak membuang limbahnya secara langsung ke Citarum. Ia mengaku, sebelum dilakukan pemeriksaan bersama Polda Jabar, pihaknya telah mendatangi pabrik tersebut.  Pada kunjungannya itu, Didi menyebutkan pihak pabrik sangat tertutup kepada pihaknya. Bahkan tidak mengakui adanya pembuangan limbah cair secara langsung ke DAS Citarum. "Pada saat kita kunjungan ke sana (SSM), mereka tidak mengakui adanya pembuangan limbah secara bypass," kata Didi, Kamis (1/2).
Namun, terbukti, dari hasil pemeriksaan bersama pertugas Dit Reskrimsus Polda Jabar, pabrik pengolahan tekstil terdapat saluran bypass. Pada saluran tersebut ditemukan adanya pembuangan limbah cair sisa pencelupan kain. Limbah cair itu dibuang melalui pipa berukuran tiga dan empat inci ke selokan yang menuju sungai Citarum. "Sekarang telah terbukti, dan sudah masuk ranah pidana. Urusan pidananya diserahkan sepenuhnya ke Polda Jabar," katanya.
Oleh karena itu, pihak DLH pun telah memberikan sanksi administratif berupa teguran tertulis. Sanksi akan meningkat, jika beberapa waktu kedepan tidak ada itikad baik dari pihak perusahaan, atau proses perbaikan. Didi pun mengaku masih berkoordinasi dengan pihak pihak terkait termasuk LSM lingkungan hidup dan pihak kepolisian. "Kalau sampai tidak ada perbaikan, akan kita cabut ijin lingkungannya," katanya menegaskan.
Pada saat pemeriksaan langsung ke pabrik, pihak Polda Jabar telah melakukan pengambilan sampel limbah cair dan padat dari pabrik tekstil tersebut. Pengambilan sampel limbah tersebut untuk nantinya dilakukan pengujian parameter baku mutu limbah cair. Ada sembilan parameter yang harus diuji salah satunya PH. (gan)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template