Program Asuransi Pertanian Belum Dilirik - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Program Asuransi Pertanian Belum Dilirik

Program Asuransi Pertanian Belum Dilirik

Written By Admin Raka on Selasa, 06 Februari 2018 | 18.00.00

CIAMPEL, RAKA - Ratusan hektare sawah di wilayah Ciampel tahun ini bukan hanya ternacam gagal panen akibat penyakit kerdil rumput saja, namun karena memasuki musim penghujan ancaman bahaya banjir juga ikut mengintai. Meski demikian para petani masih belum mengambil program asuransi pertanian sebagai langkah antisipasi untuk melindungi sawah mereka.
Seperti yang terjadi di Desa Muilyasejati, Arda salah satu penyuluh pertanian menjelaskan, bahwa akibat turun hujan yang terus melanda di wilayah Ciampel membuat area pesawahan terkena banjir. Maka dia terus meminta kepada setiap para petani untuk bisa segera mengikuti program asuransi petani. "Kondisinya belum parah cuman air sudah masuk ke pesawahan," ucapnya.
Yang menjadi kehawatiran dia adalah ketika terus menerus diguyur hujan, bukan hanya satu petani saja yang terncam gagal panen tetapi juga bisa sampai merugikan ratusan petani di Ciampel. Sedangkan kondisi saat ini sejumlah petani tengah dilanda berbagai bencana tanam seperti penyakit dan cuaca yang tidak tentu. "Karena disini mayoritas mata pencaharian sebagai petani, jadi petani sendiri harus ikut aktif untuk kebutuhan mereka sendiri," ungkapnya.
Jika mereka yang hanya memiliki satu pekerjaan saja sebagai petani, maka kalau mengalami gagal panen ditakutkan penghasilan mereka hilang. Berbeda dengan sejumlah petani di luar Ciampel, mereka kebanyakan memiliki pekerjaan lainnya selain petani. Maka ketika terjadi gagal panen, mereka masih memiliki pengthasilan dari pekerjaan lainnya. "Lebih dari 500 petani yang aktif dan mereka semua hanya memiliki satu pekerjaan yaitu sebagai petani saja," terangnya.
Sementara menurut salah satu petani Desa Mulyasejati, Warid (41) mengaku, bahwa tahun ini banyak kendala yang dialami oleh setiap petani mulai dari wabah penyakit serta cuaca yang tidak pernah tentu setiap harinya. "Tahun ini petani di Ciampel lagi banyaik banget masalahnya, mungkin tahun ini asuransi petani akan kembali dilakukan, kalau seperti ini terus bahaya juga buat semuanya," akunya.(yna)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template