Posbindu Sampalan Kembali Aktif - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Posbindu Sampalan Kembali Aktif

Posbindu Sampalan Kembali Aktif

Written By Admin Raka on Selasa, 20 Februari 2018 | 17.30.00

KUTAWALUYA, RAKA- Meskipun tidak menular, tingginya penyakit hipertensi, diabetes, stroke, jantung, ginjal dan lainnya di nilai sangat mengkhawatirkan. Atas dasar tersebut, pos pembinaan terpadu (Posbindu) Desa Sampalan, kembali diaktifkan untuk menekan tingginya kematian di kalangan masyarakat. Pasalnya, posbindu merupakan strategi penting pemerintah untuk mengendalikan penyakit dan kematian yang terjadi di lingkungan masyarakat.
Menurut Ketua Pelaksana Posbindu Pusat Kesehatan Masyarajat (Puskesmas) Kutawaluya, Suryani Meilina, dirinya mengakui posbindu di desa yang berada di Kecamatan Kutawaluya sudah berjalan sejak lama, namun khusus Desa Sampalan, baru kembali diaktifkan. Mengingat, Desa Sampalan lokasinya berdekatan dengan Puskesmas Kutawaluya. "Karena berdekatan dengan puskesmas, jadi masyarakat lebih banyak ke puskesmas langsung, namun kali ini kita aktidkan kembali," ujarnya.
Posbindu saat ini telah menjadi salah satu strategi penting pemerintah untuk mengendalikan penyakit tidak menular yang semakin mengkhawatirkan. Berbagai data dan penelitian menunjukan bahwa tingkat penyakit dan kematian tidak menular dinilai sangat mengkhawatirkan. Dimana posbindu tersebut kembali di galakan setelah bertahun-tahun vakum dengan melibatkan kader posyandu desa.
Sedangkan menurut petugas Promkes sekaligus penanggungjawab posbindu, Jabarudin Windo Permana, juga mengakui tingkat penderita penyakit tidak menular di Desa Sampalan meningkat cukup signifikan, sehingga ia bersama kader posyandu berinisiatif mengaktifkan kemvali posbindu tersebut. "Dalam pemeriksaan kali ini, dijumpai banyak masyarakat yang berpenyakit hipertensi," ucapnya. (rok)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template