Polisi Ringkus Pelaku Penipuan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Polisi Ringkus Pelaku Penipuan

Polisi Ringkus Pelaku Penipuan

Written By Admin Raka on Sabtu, 24 Februari 2018 | 18.00.00

PURWASARI, RAKA - Ada-ada saja akal para pelaku kejahatan yang beraksi di Karawang. Untuk mengelabui korbannya, pelaku berpura-pura menjadi penumpang ojek. Beruntung pelaku yang berantai hingga beberapa orang itu bisa langsung diringkus oleh jajaran Kepolisian Sektor Purwasari setelah korban membuat laporan.
Menurut, Plh Kapolsek Purwasari, IPTU Rigel Suhakso, kejadian bermula saat saat korban bernama Rusdi (45) warga Kampung Jatirasa Barat, Kelurahan Karangpawitan, Kecamatan Karawang Barat yang bekerja sebagai tukang ojek di wilayah Johar berniat membantu pelaku yang meminta antar ke rumah saudaranya di Desa Sukasari. Namun sialnya saat sampai di lokasi, saudara pelaku tidak berada di tempat dan meminjam kendaraan korban untuk menjemputnya ke sawah. Lama menunggu pelaku setelah berjam-jam, korban langsung membuat laporkan ke Polsek Purwasari atas kejadian tersebut. "Korban awalnnya baik membantu, tapi malah ditipu sama pelaku," terang IPTU Rigel Suhakso.
Usai korban melaporkan kejadian tersebut di siang hari, sorenya pelaku sudah berhasil diciduk. Bahkan pelaku yang diamankan bukan hanya satu orang, melainkan tiga orang bersama jaringannya yang biasa menjual belikan sepeda motor hasil penipuan. "Hari itu juga usai buka laporan pelaku langsung kita tangkap," tuturnya.
Dia menuturkan, hasil informasi yang didapatkan pihak kepolisian, pelaku bernama Iwan (40) memang sering melakukan aksinya di Pasar Johar. Ternyata saat dilakukan penangkapan, sepeda motor milik korban sudah dilemparnya kepada pelaku lainnya yaitu Rahman (27) warga Kampung Banir, Desa Banir, Kecamatan Tempuran. Mendapat keterangan dari pelaku Iwan, pihak kepolisian pun langsung meluncur ke kediaman Rahman, sesampainya di rumah Rahman, ternyata barang bukti sepeda motor beat dengan plat nomor T 3046 PK juga sudah dioper keplaku lainnya. "Saat kita datangi ke rumah tidak ada, terus kita kijar ke pelaku ketiga (Kurniawan)," jelasnya.
Sementara menurut pengakuan pihak keluarga tersangka, pelaku ketiga Kurniawan bekerja di proyek di Indramayu. Tak mau menunggu lama jajaran kepolisian pun langsung bergegas ke Indramayu dan berhasil mengamankan pelaku tersangka penipuan ketiga. Namun disayangkan, lagi-lagi motor hasil penipuan para pelaku itu sudah pindah tangan ke pelaku lainnya.  "Satu motor saja dalam sehari sudah pindah cepat ke tiga lokasi, ada kemungkinan pelaku masih banyak akan kita kembangkan, kemungkinan ini jaringan pelaku curanmor," tegasnya.
Dari kejadian tersebut ironisnya, ketiga pelaku merupakan mantan nara pidana yang pernah diproses oleh Polsek Karawang Kota dengan kasus yang sama. "Mereka bertiga kenal di penjara dulu, bisa jadi kasus ini panjang dan bukan hanya penipuan aja," ungkapnya.
Salah satu pelaku, Rahman, mengaku sering melakukan aksinya tersebut sejak dulu dan pihak keluarga tahunya dia bekerja di proyek. "Sama keluarga bilangnya kerja di proyek," akunya. (yna)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template