Petani Disarankan Gabung Asuransi Pertanian - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Petani Disarankan Gabung Asuransi Pertanian

Petani Disarankan Gabung Asuransi Pertanian

Written By Angga Praditya on Sabtu, 03 Februari 2018 | 16.00.00

KARAWANG BARAT, RAKA- Banyaknya gangguan pertanian yang merugikan, petani disarankan untuk mengikuti Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) dan Gerakan Pengendalian (Gendal) yang dikelola oleh gabungan kelompok tani (Gapoktan).
Kepala Bidang Pangan Dinas Pertanian Kabupaten Karawang Wawan Kuswandi, mengatakan, Dinas Pertanian Kabupaten Karawang menawarkan Gendal dan AUTP sebesar Rp 36 ribu permusim. Syaratnya harus memenuhi kuota atau didukung oleh para petani. Hal tersebut merupakan solusi lain ketika para petani mengalami gagal tanam ataupun gagal panen. "Solusi lain AUTP,  Rp 36000/musim untuk asuransi," katanya, saat ditemui Radar Karawang, Jumat (2/2) kemarin.
Dengan mengikuti program asuransi ini, bisa meminimalisir terjadinya kerugian saat gagal panen ataupun ada serangan hama. Kerusakan padi yang dialami oleh petani, dicover oleh asuransi untuk memulai tanam kembali. "Sebagai contoh petani Desa Karyasari yang sudah dapet AUTP, bukan berarti keran gagal, tapi ikut AUTP dan Gendal," ucapnya.
Selain itu, dinas pertanian juga berencana melakukan percontohan penanaman padi. Agar bisa terlaksana dengan baik, dirinya meminta agar para petani bisa mempersiapkan Calon Petani Calon Lokasi (CPCL) 100-150 hektare. Di katakan Wawan, dirinya mengaku prihatin dengan keadaa pertanian Karawang, khususnya wilayah utara yang banyak mengalami gagal tanam akibat serangan hama. Untuk itu, dirinya menginstruksikan kepada para petani agar mempersiapkan CPCL 100-150 hektare lahan atau sawah. "Kegiatan penrcontohan, sarananya nanti di bantu dinas, mulai dari benih dan lainnya," ujarnya.
Masih kata Wawan, agar berjalan dengan baik, setia ketua kelompok tani harus mempunyai NPWP, karena pencairan untuk segala jenis bantuan yang di butuhkan harus menggunakan NPWP. (rok)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template