Pesta Kuliner Nusantara di Telagasari - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pesta Kuliner Nusantara di Telagasari

Pesta Kuliner Nusantara di Telagasari

Written By Admin Raka on Rabu, 21 Februari 2018 | 17.30.00

TELAGASARI, RAKA - Ratusan Siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) Ghoyatul Jihad Kecamatan Telagasari menggelar pesta Kuliner Nusantara. Beragam panganan tradisional dikemas dan menjadi penilaian khusus dalam lomba antar kelas dengan nuansa nyunda. Sementara penjurian yang melibatkan siswa senior, guru dan Kepala Madrasah ini menjadi perhatian khusus yang akan digelar setiap tahunnya.
Ketua Pelaksana kegiatan pameran Kuliner Nusantara Mts Ghoyatul Jihad, Diki Mawardi, akhir pekan kemarin, mengatakan, semua kelas berpartisipasi untuk memproduksi olahan makanan tradisional dan nusantara. Hal ini merupakan rangkaian aplikasi dari mata pelajaran Bahasa Inggris yang menggarap menu berbahasa modern dan Seni Budayanya yang menyasar kekhasan kuliner tradisionalnya. Ia menjamin, Stan khusus bernuansa nyunda, kesenian hingga olahan makannya adalah hasil buatan para siswa Mts Ghoyatul Jihad. Diki juga merasa bangga inisiatifnya ini didukung pihak Kepala Madrasah, sebab diakui Diki, sudah banyak dewasa ini jajanan dan makanan khas Indonesia termasuk di Karawang sendiri yang mulai tergerus.
Karenanya, lanjut Diki, dengan olahan makanan tradisional ini, sekurang-kurangnya, bukan lomba saja yang disuguhkannya, melainkan memperkenalkan lagi pada panganan sehat, tradisional dan melezatkan warisan para leluhur. "Kita jamin, semua olahan makanan tradisional ini merupakan hasil olahan para siswa dengan segudang kekompakannya," ucapnya.
Kepala MTs Ghoyatul Jihad, Drs H Oyok Abdurahman mengatakan, kemeriahan perdana pesta Kuliner Nusantara sebagai terapan dari mata pelajaran Bahasa Inggris dan Seni Budaya ini, ia janjikan di gelar setiap tahun. Diluar ekspektasinya, ternyata olahan masakan tradisional baik makanan dan minuman sangat disambut antusias para siswa, iti terbukti sebut Oyok, dalam membuat Stan saja, para siswa rela kehujanan dan bermalam di Madrasah demi hasil yang maksimal dalam kegiatan ini.
Selain berupaya hasilkan makanan dan minuman yang lezat, tata letak stan dan variasinya juga dibuat semenarik mungkin untuk menyita perhatian para juri. Oleh karena itu, Jajanan kuliner ini dari siswa, oleh siswa dan untuk siswa sekaligus juga sambungnya, memberikan pesan agar mencintai dan membeli selalu makanan-makanan khas nusantara dan tradisional. " Saya melihat begitu meriah dan diluar dugaan, makannya kita ingin agar kegiatan semacam ini rutin digelar setiap tahun," Katanya.
Lebih jauh Oyok menambahkan, semua pembiayaan pesta kuliner ini dari hasil patungan dan kreatifitas siswa, pihaknya hanya memberikan tambahan stimulan untuk kelancaran acaranya, sebab, dengan olahan makanan dan pembelajarnnya, secara tidak langsung merupakam realisasi dari upaya mendorong Psikomotorik siswa untuk pembiasaan diri. Karena hasil rasa dan variasinya, menguji kemampuan siswa dalam membuat makanan sehari- hari, apalagi tuntutan kesehatan juga dianjurkan selalu makan 4 sehat lima sempurna dan meminimalisir mengkonsumsi makanan siap saji. "Kita uji kemampuan anak memasak makanan tradisional, itu kan pembinaan psikomotorik siswa," katanya.
Ia berharap, tindak lanjut jangka panjang, anak-anak bisa membuat makanan tradisional dan memodernkannya, kalau tidak bisa memproduksi untuk banyak orang, setidaknya bisa mengkonsumsinya sendiri. Karena dengan begitu anak dan masa depannya bukan saja mengenal makanan dan minuman tradisional, tetapi juga mempertahankannya untuk tetap terus lestari. "Dengam kegiatan semacam ini, anak bukan saja mengenal, semoga semangat mempertahankannya juga tetap terus lestari dimasa mendatang," pungkasnya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template