Peruntukan BOS Buat Sekolah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Peruntukan BOS Buat Sekolah

Peruntukan BOS Buat Sekolah

Written By Admin Raka on Jumat, 23 Februari 2018 | 16.30.00

Ditanya Soal Kepsek Tidak Bisa Cairkan BOS Kadisdikpora Bungkam 

LEMAHABANG WADAS, RAKA - Kabar kalau sekolah yang kepala sekolahnya habis masa jabatannya tetapi masih bertugas tidak bisa mencairkan Bantuan Operasional Sekolah (BOS), membuat gamang sejumlah Kepala Sekolah Dasar yang memang habis masa jabatannya namun masih bertahan karena perintah Dinas Pendidikan. Mereka tetap berharap agar hak Bos yang peruntukannya buat operasional guru, administrasi sekolah dan segudang kegiatan itu cair di triwulan pertama tanpa melihat status kepala sekolahnya.
Seperti diungkapkan Kepala SDN Karyamukti 1, Oji Fahruroji S.Pd, dia dan tiga Kepala SD di Lemahabang memang sudah masuk priodesasi sejak 12 Januari lalu, namun sejauh ini sama sekali belum menerima SK Pemberhentiannya. Bahkan yang turun adalah Edaran Dinas agar tetap bekerja seperti biasa sampai dengan jelasnya regulasi PP 19 itu dijabarkan.
Atas dasar itu, bukan karena keinginannya bertahan sebagai Kepala SD, tapi memang aturannya seperti itu, sehingga kalau ada istilah BOS tidak bisa dicairkan bagi sekolah yang Kepala SD nya berstatus priodesasi, tanpa pengganti maupun tanpa PLt, itu sama saja dengan memangkas hak operasional sekolah yang seharusnya didapatkan para guru. "Ada tidak ada kepsek juga Bos itukan hak sekolah, bukan hak Kepala Sekolah, jadi harusnya cair," katanya.
Oji menambahkan, peruntukan Bos itu buat honor guru, operasional dan adminstrasi sekolah, sudah sepatutnya tidak terhambat hanya karena alasan kepseknya periodesasi, lagi pula bukan keinginannya sendiri mempertahankan jabatan sebagai Kepsek. Karenanya, kalau memang kabar ini benar, jelas harus ditagih hak-hak yang seharusnya didapat.
Ia juga, mengakui bahwa bersama 4 Kepsek lainnya di Lemahabang yang priodesasi Januari, diundang dalam rapat Koorwil secara khusus dengan para bendahara sekolah, apakah memang agendanya soal itu atau yang lain, karena undangannya juga dari Kabid SD. "Memang ada undangannya khusus kita yang periodesasi, tapi tidak tahu akan bahas soal apa. Apakah untuk membenarkan bahwa kami tidak berhak mencairkan dana Bos atau ada pertimbangan lain," tandasnya.
Sementara itu, Ketua PGRI Cabang Lemahabang, Uus Usmara S.Pd mengatakan, ia menyesalkan jika hak Bos buat sekolah dihambat-hambat hanya karena Kepsek yang khusus periodesasi. Sebab, yang tidak periodesasi saja sudah lambat turun di triwulan pertama ini, apalagi ada dalih lain yang periodesasi atau habis jabatan Januari namun masih bertahan. Ia ingatkan, bahwa Bos itu bukan operasional khusus buat Kepala Sekolah, sehingga ada dan tidak ada kepala sekolah sekalipun, Bos itu adalah hak sekolah yang harus segera dibayarkan. Baik untuk operasional honor guru, administrasi dan kegiatan sekolah.
Ia berharap, Dinas bisa memberikan pertimbangan soal ini, termasuk ke bank BJB, agar hak-hak sekolah itu tetap bisa cair. "Bos bukan milik Kepsek, ada atau tidak ada Kepsek juga harusnya tetap cair, karena peruntukannya jelas buat sekolah," Katanya.
Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga  (Disdikpora) kabupaten Karawang H. Dadan Sugardan,  saat dikirimi pesan singkat terkait kabar sekolah tidak bisa mencairkan dana BOS dengan status Kepala Sekolahnya periodesasi bulan Januari ini, Sampai berita ini ditulis yang bersangkutan belum memberikan balasan. Begitupun saat disinggung agena rapat di IV Koorwil bersama Kepsek dan bendahara sekolah yang periodesasi, mantan Kepala Disbudpar ini juga tidak memberikan komentar. (rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template