Pertanian Tetap Sektor Primadona - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pertanian Tetap Sektor Primadona

Pertanian Tetap Sektor Primadona

Written By Angga Praditya on Senin, 05 Februari 2018 | 16.12.00

CILAMAYA WETAN, RAKA - Budidaya pertanian yang mampu bertahan hingga dekade 50 tahun mendatang disarankan lebih diarahkan untuk mempertahankan lahan persawahan basah. Produktivitas padi 10,5 ton/ha/panen, tampaknya belum ada tandingannya. Hal yang sama juga terhadap kebun dan pekarangan, dengan menitik beratkan produksi buah sebagai salah satu bentuk andalan yang harus diterapkan.
Hal itu diungkapkan Pemerhati Lingkungan Hidup Tarsoen Waryono, belum lama ini. Menurut dia kebijakan pembinaan budidaya pertanian cenderung diarahkan untuk merubah paradigma masyarakat yang semula melakukan proses pemasaran hasil produksinya dengan cara mengunduh dan menjual ke pasar, kini diarahkan untuk kembali pada sistem lama yang dimodifikasi menjadi wisata agro, dan home industri sekala besar.
Sementara wisata agro, selain mendidik masyarakat untuk ikut serta dalam bertani juga sebagai wahana wisata dan rekreasi, serta menyatu para wisatawan dengan alam dan lingkungannya. Pemerintah dalam kontek ini memberikan fasilitas umum yang memadai, bagi para petani dan wisatawan agro. Walaupun pemerintah tidak menerima pendapatan secara langsung, akan tetapi bila dibandingkan dengan tetap lestarinya kawasan hijau cagar buah sebagai penyangga wilayah resapan air, nilai intangiblenya sangat besar. "Tatanan kehidupan masyarakat usaha tani harus seiring dan sejalan dengan misi pemerintah untuk mewujudkan kenyamanan lingkungan hidup berbasis budidaya pertanian," ucapnya.
Pengelolaan lingkungan hidup teranga  Tarsoen, berdasarkan fakta sejarah tempo dulu status tanahnya sebagian besar merupakan tanah-tanah partikelir yang berarti pula memiliki potensi produksi budidaya pertanian. Lahan basah terbentang luas, namun kini secara berangsur-angsur mulai berubah, karena tatanan sosial masyarakatnya dan tingginya kebutuhan ruang dan tanah untuk industri. Berbeda halnya dengan kebun dan pekarangan, kini masih cukup mendominansi hamparan hijau, akan tetapi secara berangsur-angsur sama nasibnya dengan pesawahan.
Pabrik semen, kapur rakyat mulai memanfaatkan kawasan Karst yang notabene harus dikonservasi, karena hamparan karst memiliki fungsi sebagai gudang air. Dalam waktu yang singkat menghasilkan PAD yang cukup besar, demikian halnya dengan peningkatan kerja dan usaha bagi masyarakat. Namun demikian apa yang akan terjadi 20-30 tahun mendatang. Badan-badan sungai akan dangkal, infiltrasi terbatas hingga meningkatnya aliran permukaan, dan luapan air akan menjadi malapetaka dikemudian hari. 
Sementara pertumbuhan penduduk yang pesat, dan bentuk-bentuk permukiman yang tidak teratur,  menjadikan salah satu faktor rendahnya daya dukung lingkungan pusat-pusat kegiatan kota. Untuk menghindari proses perusakan sumberdaya alam dan lingkungan hidup, tatanan kebijakan yang harus ditempuh, dengan mengembangkan penyerasian keseimbangan antara daya dukung lingkungan dengan jumlah penduduk. Tumbuh berkembangnya pusat-pusat kegiatan kota pada umumnya diikuti dengan urbanisasi dan umumnya mereka adalah yang tidak memiliki perkerjaan.
Karenanya tekanan berat bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang, adalah penyediaan lapangan kerja, fasilitas pelayanan umum dan pengaturan tata ruang secara lugas dan ramah terhadap lingkungan. Pembinaan lingkungan di Kabupaten Karawang, seyogianya harus kembali dari lingkungan pedesaan, dan menumbuhkan swadaya masyarakat untuk membina permukiman sehat, memperhatikan adat, tradisi, dan pandangan-pandangan hidup masyarakat. "Bentuk permukiman yang berimbang antara hijauan privat dengan bangunan, pada hakekatnya mencerminkan karakteristik wilayah Kabupaten Karawang dan dicirikan oleh lingkungan sosial yang membaur dengan alam yakni petani padi sawah," ucapnya. (ari)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template