Perangkat Desa Diajari Toleransi dan Kebersamaan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Perangkat Desa Diajari Toleransi dan Kebersamaan

Perangkat Desa Diajari Toleransi dan Kebersamaan

Written By Angga Praditya on Kamis, 01 Februari 2018 | 17.30.00

KLARI, RAKA - Perangkat Desa Duren, Kecamatan Klari diberi pencerahan terkait toleransi agama. Pasalnya kondisi masyarakat yang heterogen bisa menimbulkan perpecahan jika tidak dipupuk dengan toleransi.
"Perbedaan itu adalah rohmat. Jadi jangan menuding kelompok lain bersalah," tegas Kepala Desa Duren Abdul Halim di forum minggon.
Dia menyampaikan, bukan berarti orang yang menyerupai orang lain itu berarti masuk terhadap kelompok mereka. Harus dilihat bagaimana kondisi rillnya juga, sehingga tidak menimbulkan persepsi yang salah terlebih jika sampai menuding orang lain salah. "Harus menjaga kebersamaan. Ini yang harus dijalankan (oleh perangkat desa) ingat yah," tegasnya.
Dia juga menyampaikan dengan memiliki jumlah penduduk yang paling banyak. Tentu memiliki potensi yang lebih jika dibandingkan dengan desa lain. Dengan catatan harus adanya penggalian potenis yang dimiliki oleh setiap warga. "Kerjanya yang bener. Jangan asal," pinta Ebeh sapaan akrab Halim.
Sementara pegawai Desa Duren Lili Sukarli mengaku dinamika sosial Desa Duren cukup tinggi. Sehingga banyak acara yang identik dengan pemahaman yang dipegangnya. Meski demikian, selagi itu masih dalam koridor yang wajar dan tidak bertentangan dengan norma agama maupun hukum maka harus bisa berjalan dengan baik. "Kayak kemarin kami mengadakan acara salawatan. Maka harus didukung. Kalaupun ada yang tidak sepakat tidak usah menjelek-jelekan," ujarnya.
Karena salawatan tersebut merupakan anjuran Allah SWT yang jelas tertera dalam alquran. Diamana umat islam harus bersalawat kepada nabi Muhammad SAW. Terlebih, dalam kegiatan tersebut bisa menjadi ajang pemupukan kesolidan dan kebersamaan bahkan menjadi ajang silaturahim. "Makanya kalau ada acara di Desa Duren selalu ramai. Kita memang selalu menjaga kebersamaan," pungkasnya. (zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template