Penyakit Ispa Masih Menyerang - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Penyakit Ispa Masih Menyerang

Penyakit Ispa Masih Menyerang

Written By Admin Raka on Selasa, 20 Februari 2018 | 14.00.00

PANGKALAN, RAKA - Kendati belum ada laporan warga terserang demam berdarah, namun sejumlah penyakit sudah mulai mewabah. Terutama penyakit diare, flu dan inspeksi saluran pernapasan akut (ispa). Dari ketiga penyakit musim hujan tersebut influenza termasuk paling banyak dikeluhkan warga setelah ispa dan diare.
Sebelumnya, Puskesmas Pangkalan telah melakukan tindakan antisipasi terhadap ancaman penyakit-penyakit musim hujan tersebut, terutama penyakit demam berdarah. Penyakit ini cenderung menyebar justru disaat memasuki musim hujan. "Jangan biarkan kondisi tubuh lemah karena akan mudah terserang penyakit di musim dingin ini. Untuk itu perbanyak mengkonsumsi vitamin dan jaga pola istirahat," ucap Kepala Puskesmas Pangkalan Hj. Wiwin Widaningsih SKM. M. Kes, baru-baru ini.
Wiwin mengatakan tiga penyakit paling rentan menyerang warga ketika musim dingin. Selain flu dan diaere penyakit demam berdarah biasanya menyebar disaat musim hujan. Karena itu warga harus waspada terutama untuk menjada stamina tubuh dan kebersihan lingkungan agar tidak menjadi sarang kuman. "Sumber penyakit terjadi dikarenakan lingkungan tempat tinggal yang kotor," ucap Wiwin.
Wiwin membeberkan data jumlah penyakit yang dikeluhkan warga dalam sepekan terakhir. Dia mengambil contoh data tanggal 9 -11 Februari kemarin. Dalam tiga hari itu puskesmas itu melayani sebanyak 86 pasien. Dari jumlah tersebut 43 diantaranya menderita gangguan pernapasan akut (ispa). Sementara penyakit influenza menempati urutan kedua dengan jumlah mencapai 30 pasien, dan tipus hanya 5 pasien serta diare 4 pasien.
Meski demikian Wiwin menilai logis di musim hujan seperti sekarang banyak warga terserang penyakit. Sebab, dalam kondisi dingin tubuh jadi rentan terserang penyakit. "Memasuki puncak musim hujan, iklim di Kabupaten Karawang khususnya di Kecamatan Pangkalan lebih dingin dari biasanya. Kondisi ini membuat tubuh lebih rentan mengalami gangguan kesehatan karena tubuh dipaksa beradaptasi dengan suhu dan kelembapan udara yang berbeda dari sebelumnya. Sehingga tak heran jika di setiap klinik dan juga Puskesmas pasiennya lebih banyak saat musim hujan," ucap Wiwin.
Camat Pangkalan Usep Supriatna sebelumnya juga mengatakan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat perlu diterapkan dalam keseharian warga untuk mengantisipasti mewabahnya penyakit-penyakit dimusim hujan. Misalnya tentang gizi, makan beraneka ragam makanan, minum tablet tambah darah, mengkonsumsi garam beryodium, memberi bayi dan balita kapsul vitamin A. Tentang kesehatan lingkungan seperti membuang sampah pada tempatnya, membersihkan lingkungan. Setiap rumah tangga dianjurkan untuk melaksanakan semua perilaku kesehatan. (ari)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template