Penggunaan Dana BOS Harus Sesuai Aturan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Penggunaan Dana BOS Harus Sesuai Aturan

Penggunaan Dana BOS Harus Sesuai Aturan

Written By Angga Praditya on Rabu, 14 Februari 2018 | 13.30.00

PURWAKARTA,RAKA- Seluruh bendahara serta operator Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Purwakarta dikumpulkan di Bale Guru Linuhung Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta untuk mengikuti workshop penyusunan  Rencana Kerja Anggaran Sekolah (RKAS) berbasis aplikasi BOS. Kegiatan ini dilakukan, agar kecepatan dan keakuratan pelaporan BOS bisa maksimal dan sesuai aturan.
Kusnandar MT, Kabid Dikdas mengatakan, proses dimulai dari perencanaan dan pengelolaan, pelaksanaan, hingga pelaporan belanja operasional sekolah, perlu dipahami dan dipedomani oleh sekolah, sehingga akuntabilitas dalam pengelolaan dana BOS dapat dipertanggungjawabkan sesuai kaidah dan aturan yang benar. “Dalam rangka meningkatkan akuntabilitas pengelolaan dana BOS oleh sekolah, maka setiap pencatatan dan pelaporan penggunaan dana harus didukung oleh sistem pembukuan yang handal," jelas Kusnandar, Selasa (13/2).
Lebih lanjut Kusnandar, sapaan akrab Pak Kus menjelaskan, tentang bagaimana perlunya alat untuk merekam seluruh aspek pengelolaan dana BOS. “Oleh karena itu, diperlukan sebuah alat bantu yang dapat merekam seluruh aspek pengelolaan keuangan sekolah dari mulai perencanaan pendapatan dan pembiayaan, hingga sistem evaluasi dan pelaporannya. Dengan menggunakan alat bantu berupa sistem aplikasi BOS, diharapkan semua sekolah dapat meningkatkan kecepatan dan keakuratan pelaporan. Setiap item, jenis belanja yang dilakukan harus dicatat secara lebih cepat, akurat dan terencana dengan baik,” tegasnya.
Kusnandar menjelaskan, jika sosialisasi penyusunan RKAS berbasis aplikasi harus sesuai dengan tuntutan petunjuk teknis. "Maksud sosialisasi penyusunan RKAS berbasis aplikasi BOS, sebagai alat bantu bagi sekolah dalam menyusun rencana kegiatan serta anggaran sekolah agar sesuai dengan tuntutan sistem pelaporan dan petujuk teknis BOS 2018," pungkasnya.(cr2)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template