Penerima Beras Sejahtera Dipungut Rp 3 Ribu - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Penerima Beras Sejahtera Dipungut Rp 3 Ribu

Penerima Beras Sejahtera Dipungut Rp 3 Ribu

Written By Admin Raka on Selasa, 20 Februari 2018 | 12.00.00

RENGASDENGKLOK, RAKA - Beras sejahtera yang seharusnya diberikan cuma-cuma kepada keluarga penerima manfaat, kenyataannya tidak demikian. Tengok saja Desa Amansari, Kecamatan Rengasdengklok, Senin (19/2) kemarin.
Masyarakat miskin tersebut harus mengeluarkan uang Rp 3 ribu untuk menebus beras sejahtera seberat 3,5 liter. Sebagai uang pengganti pembelian kantung plastik, uang kopi dan transport RT. "Penerima rastra dipungut di Amansari," ungkap mantan pejabat Desa Amansari yang enggan disebutkan namanya kepada Radar Karawang.
Pungutan itupun dibenarkan oleh Kepala Desa Amansari Hanap Zaenudin. Menurutnya, uang Rp 3 ribu tersebut dipungut bukan tanpa alasan. Dan sudah melalui musyawarah serta kesekapatan tokoh masyarakat. "Kita gak mungut gitu aja, ada kesepakatan dulu antartokoh masyarakat, mereka semua sepakat kok," kata Hanap.
Ia melanjutkan, uang yang dibebankan kepada masyarakat itu untuk pembelian kantung plastik, uang kopi hingga untuk dana kematian yang hingga saat ini sulit ditagih. "Seribu rupiah untuk kantung plastik, uang kopi dan transport RT, seribu lagi untuk dana kematian," ujarnya.
Hanap juga menyebutkan, pungutan bansos tersebut bukan hanya terjadi di desanya, namun hampir menyeluruh di desa di Kecamatan Rengasdengklok. Besarannya pun variatif. "Ini bukan semata-mata pemungutan kepada masyarakat, ini atas dasar kesepakatan semua kades," akunya.
Sementara jumlah rastra yang dibagikan, kata Hanap, satu keluarga penerima manfaat hanya mendapatkan beras 3,5 liter. Sedangkan jumlah keluarga penerima manfaat di desanya mencapai 3700 KPM. "Kita dapat 11.310 kilogram. Dalam satu karung rastra seharusnya beratnya 10 kilogram, tapi yang kami terima jumlahnya bisa 9 kilogram," ujarnya. (rok)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template