Pemeriksaan Kesehatan ke Rumah Warga - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pemeriksaan Kesehatan ke Rumah Warga

Pemeriksaan Kesehatan ke Rumah Warga

Written By Admin Raka on Selasa, 20 Februari 2018 | 16.00.00

Khawatir Kasus Keracunan Limbah Kembali Terulang

CIAMPEL, RAKA - Meski seluruh barang bukti batu sudah dipindahkan dari lokasi pembuangan limbah yang beracun ke pemilik perusahaan oleh pihak kepolisian. Namun, untuk menghindari adanya korban lagi, petugas kesehatan Puskesmas Ciampel melaksanakan pemeriksaan kesehatan terhadap warga di Kampung Mekar Mukti RT02/01, Desa Kutamekar Kecamatan Ciampel, Senin (19/2).
Kepala Puskesmas Ciampel, Asep Sunarya mengatakan, kegiatan yang dilakukannya bersama sejumlah petugas kesehatan puskesmas merupakan sikap reprensif terhadap warga yang berada di lokasi pembuangan limbah beracun. Meski sudah diangkut, dirinya menyarankan kepada warga untuk rutin melaksanakan pemeriksaan kesehatan terutama bagi mereka yang berlokasi berdekatan dengan perusahaan. "Takut terjadi apa-apa dikemudian hari waspada tetap harus dijaga agar keselamatan warga terjamin, terutama bagi mereka yang terkena dampaknya langsung," ucapnya.
Bahaya ancaman dari limbah tersebut menurutnya sangat berbahaya, selain menggangu pernapasan juga bisa menyebabkan kematian jika tanpa segera dilakukan pemeriksaan medis. Maka untuk menghidari hal yang tidak diinginkan, dirinya akan terus melakukan pemeriksaan berlanjut kepada setiap warga khususnya di Desa Kutamekar. "Sampai saat ini belum ada penambahan korban lagi alhamdulilah, 8 orang yang menjadi korban juga sudah kembali berkativitas," terangnya.
Secara kesehatan bagi dia, tingkat kewaspadaan masyarakat di wilayah Ciampel harus lebih barhati-hati, sebab masih banyak perusahaan yang membuang limbah dimana saja tanpa memikirkan keselamatan warga setempat. Tak hanya itu, kejadian korban keracunan yang dialami oleh warga bukanlah untuk pertmakalinya. "Harus diberi sanksi bagi perusahaan yang nakal, itu urusahan pihak kepolisian yang bergelut dengan hukum," ungkapnya.
Bahayanya jika tanpa adanya penindakan yang lebih lanjut, kejadian tersebut bisa terulang kembali, tercatat ada dua perusahaan yang berdampak buruk pada kelangsungan hidup warga Ciampel dengan kejadian yang serupa. "Saya harap pihak perusahaan selain harus menyediakan klinik kesehatan juga harus bekerjasama dengan pelayanan kesehetan puskesmas baik melalui CSR tentang kesehatan maupun tentang kesehatan lainnya," tuturnya.
Sementara menurut keterangan kepolisian Kapolsek Ciampel, AKP Ricky Adipratama mengaku, sudah melakukan pembersihan lokasi pembuangan limbah yang menyebabkan warga menjadi korban keracunan. Sampai saat ini dirinya juga belum bisa memberikan penetapan tersangka atas kejadian tersebut. "Masih dalam proses penyelidikan kepolisian dengan memeriksa sejumlah saksi," terangnya.
Salah satu warga yang mendapatkan pemeriksaan kesehatan, Entin (35) warga Mekar Mukti, Desa Kutamekar juga menyampaikan, setelah kejadian kemarin sampai saat ini sudah tidak nampak lagi sejumlah mobil besar yang membawa limbah yang dibuang ke lokasi gudang dekat rumahnya itu. "Sudah tidak ada operasi lagi, sepi sekarang mah syukurlah," ungkapnya. (yna)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template