Pelajar Madrasah Bingung Jawab Soal Esay - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pelajar Madrasah Bingung Jawab Soal Esay

Pelajar Madrasah Bingung Jawab Soal Esay

Written By Mang Raka on Sabtu, 10 Februari 2018 | 14.00.00

TELAGASARI, RAKA - Simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) baru saja rampung di termin kedua, namun sistem UN dengan versi Kurikulum 2013 (Kurtilas) tahun ajaran ini bukan saja pilihan ganda (PG), tetapi juga isian alias esay di mata pelajaran Matematika. Sayangnya, selain terkendala seringnya Log Out mendadak, isian esaay matematika dengan rumus langsung ketik di Komputer, membuat kebingungan para siswa Madrasah.
Salah satunya yang di alami Siswi MA Ghoyatul Jihad Kecamatan Telagasari, Marina Nurmila. Simulasi sudah dua kali dilakukan, memang ada perubahan peningkatan daya serap pemahaman IT lebih mendalam dan lebih fleksibel melalui UN berbasis Komputer ini. Namun, ditengah perjalanan pengisian, mendadak beberapa komputer Log Out dengan sendirinya, sehingga harus mengulang log in di komputer, meskipun demikian, hal itu tidak terlalu menggagu durasi lebih jauh. Sayangnya juga sambung Marina, jika dalam pilihan ganda dirinya mengklik jawaban a, b atau c , Komputer langsung  mengkonfirmasi otomatis bahwa jawaban soal sudah dipastikan terjawab.
Namun dalam soal Esay, khusus Matematika ia balik kebingungan, karena selain harus di isi di komputer langsung tanpa Lembaran Jawaban Kertas (LJK), juga penulisan rumusnya cukup sulit. Bahkan ia pertanyakan, apakah jawaban yang di maksud adalah langsunf ke jawabannya, atau mengulang dengan rumus. Disisi lain, Marina meneruskan, jawaban esay yang sudah dikerjakan, tidak ada konfirmasi di komputer apakah jawabannya itu sudah rampung atau belum seperti tanda hitam di saat isian PG. " Matematika kan pake esay, tapi bukan di LJK, melainkan langsung di Komputer, kita bingung ngetiknya, apakah langsung jawaban isinya, atau mengulang rumusnya di komputer," katanya.
Lebih Jauh Marina menambahkan, untuk mata pelajaran Bahasa Inggris, meskipun PG semua, namun tetap dikejar durasi waktu, sebab selain soal tercantum, juga semua peserta simulasi UNBK ini harus menggunakan listening di headseat, disisi lain, durasi tetap berjalan, karena selesai atau tidak soal dikerjakan, kalau durasi sudah habis, langsung Log Out secara otomatis. "Bingung juga listeningnya, kita kan dikejar durasi," katanya.
Sementara itu,  Proktor Simulasi UNBK MA Ghoyatul Jihad Telagasari, Dini Nurdiani mengatakan, pihaknya memgakui Bahwa simulasi ini ada peningkatan daya serap pemahaman para siswa dalam mengisi soal. Namun, memang ada beberapa kendala seperti log out mendadak di beberapa monitor komputer, bahkan ditengah siswa swdang asyik mengisi jawaban 10 menit misalnya, namun saat di log in kembali itu tidak mempengaruhi durasi dan kendala yang berarti. Hanya saja, log out dadakan itu, terjadi langsung dari pusatnya gangguan, bukan karena kualitas komputer maupun listrik. "Sering Log Out mendadak, tapi itu memang di pusat," ucapnya.
Kepala MA Ghoyatul Jihad Drs H Salmon mengatakan UNBK Madrasah akan digelar pada 9 - 12 April mendatang, dengan mengandalkan 2 server dan 30 unit komputer. Digabung simulasi bersama MA Fathonul Burhan Tempuran, pihaknya berlakukan 3 termin dengan jumlah siswa MA Ghoji yang menjadi peserta UNBK 42 orang dan Fathonul Burhan 34 siswa atau total semuanya 74 siswa.  Selama dilamgsungkan simulasi sebutnya, ada pendampingan khusus dari Proktor dan Pengawas Madrasah, sehingga hal -hal yang belum diserap pemahamannya bisa langsung ditanyakan.
Pihaknya, akan menjaga ketat fasilitas UNBK yang perdana akan digelar mandiri di MA Ghoji langsung, sebab, ditahun sebelumnya, pihaknya nebeng UNBK para siswanya ke MAN Karawang. Ia berharap, semua kegiatan dan pelaksanaan simulasi sampai hari H bisa terlaksana optimal. Disamping meningkatkan pengamanan di ruang laboriatorium untuk mencegah aksi pencurian alat-alat teknologi ini.  "Hal -hal teknis , ada pendampingan intensif dari Proktor dan pengawasnya, semoga bisa optimal sampai pelaksanaan hari H," ungkapnya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template