Pecinta Seni Siap Hidupkan Kesenian Tradisional - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pecinta Seni Siap Hidupkan Kesenian Tradisional

Pecinta Seni Siap Hidupkan Kesenian Tradisional

Written By Admin Raka on Rabu, 28 Februari 2018 | 14.30.00

PURWASARI, RAKA - Berbagai kesenian tradisional sudah mulai ditinggalkan oleh masyarakat. Anak zaman now bahkan lebih menyukai game atau bermain gadget untuk mengisi hari-hari mereka.
Oleh karenanya, untuk menyaingi perkembangan teknologi yang banyak didominasi oleh generasi penerus bangsa. Sejumlah kumpulan pecintan seni yang tergabung dalam Purwasari bersatu akan menyelenggarakan kegiatan pagelaran seni budaya dengan pemanfaat kemajuan teknologi.
Ketua pecinta seni budaya Purwasari, Ridwan menyampikan, tidak menutup kemungkinan dengan kemajuan zaman banyak penerus anak bangsa yang sudah mulai lupa akan kesenian daerah mereka sendiri. Tengok saja, saat ini sudah jarang anak muda yang masih melestarikan dan memainkan kesenian. Mereka kata Ridwan, lebih asyik dengan dunia mereka sendiri seperti bermain gudget yang memang lebih dikenal dengan sebutan permainan zaman now. "Kita akan terus melestarikan kesianan budaya di Purwasari meskipun sudah mulai ditinggalkan. Justri ini tantangan kami," ucapnya.
Dirinya akan mengajak seluruh sesepuh serta kalangan anak muda untuk lebih mencintai kesenian budaya seperti seni pancak silat, seni karinding kapatri, seni calung, seni jaipong, seni debus, seni topeng, wayang golek dan seni lainnya. Dalam kegiatan yang akan dilaksanakan nanti tidak hanya akan menampilkan budaya kesnian daerah saja namun juga akan membentuk pendidikan kesenian di wilayah Purwasari. "Ke depan mungkin kita akan buat pendidikan seni budaya disini di Purwasari," ungkapnya.
Tidak hanya itu ia juga mengaku tidak akan ada kemajuan jika tanpa bantuan dari pemerintah setempat untuk memajukan kesenian di wilayah Purwasari. Maka dengan bekerjasama dengan pemerintahan setempat diharpkan mampu menjadi daya tarik kesenian di wilayah Purwasari nanti. "Dukungan dan doa juga penting untuk dunia kesenian lebih baik lagi, semoga bisa membawa hal yang positif," harapnya.
Sekretaris Camat Purwasari, Panji santoso juga mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh sejumlah anak muda pecinta kesenian tersebut. Ia juga mengaku akan terus mendukung selama kegiatan yang dilakukan bisa membawa dampak positif baik terhadap masyarakat maupun kesenian. "Kita selalu dukung asalkan itu sifatnya positif aja," ungkapnya. (yna)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template