Nyaris Tertimbun Longsor - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Nyaris Tertimbun Longsor

Nyaris Tertimbun Longsor

Written By Admin Raka on Rabu, 21 Februari 2018 | 11.00.00

Satu Keluarga Selamat 

PURWAKARTA,RAKA - Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Purwakarta dan sekitarnya selama sepekan terakhir, menyebabkan pergerakan tanah di sekitar pemukiman warga di Kampung Sukatani, RT 18, RW 06, Desa Cibingbin, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta.
Akibat peristiwa itu, satu rumah milik Rohanah (48), di kampung tersebut roboh setelah diterjang longsor, Senin (19/2) sekitar pukul 23.15 WIB. Longsoran tanah sepanjang 12 meter dengan tinggi empat meter menimpa rumah warga hingga hancur. Untungnya, dalam bencana itu tidak menelan korban jiwa. "Peristiwa itu terjadi saat malam hari dan diguyur hujan," ujar Rohanah (48), Selasa (20/2).
Rohanah menceritakan, insiden itu bermula saat ia beserta keluarga tengah tertidur pulas. Curiga dengan suara seperti retakan dan gemuruh tanah, ia beserta lima penghuni rumah langsung bergegas melarikan diri. Keluarga miskin itupun berhasil lolos dari maut sebelum beberapa menit kemudian longsor menimpa rumahnya. "Pada saat itu ada 6 orang yang menghuni rumah sedang istirahat, dan alhamdulillah longsor tanah tertahan lemari," kata dia.
Kini rumahnya sudah rata dengan tanah tertimbun longsor. Rohanah bersama anggota keluarnya saat ini masih mengungsi di rumah orang tuanya. Dia pun masih terlihat shock. Dia tak henti-hentinya mengucap syukur karena selamat dari musibah. "Saya tidur sekitar jam 10 malam saat itu memang hujan lebat. Dan sekitar jam 1, bangun karena dengar suara gemuruh saya langsung membangunkan anak-anak dan suaminya dengan cara menarik sambil berteriak," cerita Rohanah.
Sementara Kapolsek Bojong, Iptu Teguh Sujito mengatakan, dalam kejadian tersebut kerugian material mencapai kurang lebih Rp 30 juta. Tidak ada korban jiwa pada kejadian tersebut. "Saya dan masyarakat melakukan bersih-bersih puing rumah korban. Dalam penanganan tersebut melibatkan sejumlah masyarakat sekitar, Satpol PP, anggota koramil," kata Teguh.
Mendengar kabar adanya warga yang tertimpa musibah, Kapolres Purwakarta AKBP Dedi Tabrani, berserta jajaranya langsung bergegas mendatangi rumah warga yang tertimpa longsor tersebut. Selain mengimbau warga agar waspada, pihaknya juga mengintruksikan jajaranya untuk siaga dalam penanganan bencana alam. Tak lupa dalam kesempatan itu pihaknya juga memberikan bantuan untuk meringankan beban korban bencana longsor. (gan)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template