Minat Warga Bikin KTP Rendah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Minat Warga Bikin KTP Rendah

Minat Warga Bikin KTP Rendah

Written By Angga Praditya on Kamis, 15 Februari 2018 | 17.00.00

PURWASARI, RAKA - Memberikan pelayanan di hari libur dinas yaitu hari Sabtu dan Minggu ternyata masih belum bisa memberikan hasil yang memuaskan untuk pemotretan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) di Kecamatan Purwasari. Hal itu terbukti dengan minimnya minat warga meski perekaman bisa dilakukan di hari libur.
Cecep, salah satu petugas bagian perekaman di Kecamatan Purwasari mengatakan, pemberian tugas perekaman sampai ke setiap rumah RT memang baik. Namun jika dalam pelaksanaan tersebut memakan anggaran besar maka akan menjadi beban. "Kalau ada anggarannya saya mau aja turun langsung ke rumah rumah warga, kalau nggak ada capek di sayanya," ucapnya.
Sebelumnya, Cecep pernah melaksanakan perekaman dengan cara berkeliling ke setiap desa. Namun antusias masyarakat juga tidak terlalu tinggi. "Senin sampai Jumat mereka pasti sibuk kerja jadi tidak ada waktu buat pemotretan maupun bikin KTP," ucapnya.
Maka dengan kondisi tersebut dirinya rela untuk masuk kerja di hari Sabtu dan Minggu agar semua para pekerja yang ingin melakukan pemotretan bisa terwujud. Namun antusias masyarakat atau para pekerja yang ingin membuat KTP elektronik ternyata masih rendah. "Saya ngebelabelain masuk Sabtu Minggu tapi tetap aja sepi," ungkapnya.
Dia berharap, pihak aparat desa yang berada di wilayah Purwasari juga ikut turun membantu pelaksanaan pembuatan kartu tanda penduduk tersebut. Jangan sampai kata dia,  saat ada permasalahan yang harus dilengkapai dengan identitas baru dibuat mendadak. "Untuk keperluan mereka sendiri juga nantinya, tapi tetap aja masih sulit," tuturnya.
Hal serupa disampikan Kasi Pelayanan Umum Kecamatan Purwasari, Heriyanto menyampaikan, bahwa pemotretan keliling desa merupakan salah satu program kecamatan dalam mempercepat perekaman KTP-el di Purwasari. "Udah berjalan ke setiap desa bahkan hari Sabtu Minggu juga tugas," jelasnya.
Sampai saat ini tercatat kata dia, jumlah penduduk yang ada di wilayah Kecamatan Purwasari sebanyak 54.839 jiwa yang hidup di wilayah yang meliputi pesawahan dan indutri tersebut. Dari sekian banyak jumlah masyarakat fasilitas keperluan yang dibutuhkan juga harus sesuai. "Untuk sementara bagi masyarakat yang membuat KTP elektronik belum bisa langsung jadi, soalnya blankonya kan tidak ada, masih pake surat keterangan aja," jelasnya.
Tidak hanya itu, jumlah masyarakat yang masih belum memiliki identitas kartu kependudukan elektronik juga masih sangat tinggi.  "Dari data yang ada di Discatpil ada sebanyak 3.087 warga Kecamatan Purwasari yang belum memiliku kartu penduduk dari 54 ribu jiwa, " terangnya.(yna)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template