Minat Baca Masyarakat Masih Rendah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Minat Baca Masyarakat Masih Rendah

Minat Baca Masyarakat Masih Rendah

Written By Admin Raka on Minggu, 18 Februari 2018 | 16.00.00

KARAWANG, RAKA - Kurangnya kesadaran pentingnya membaca dan sifat malas untuk membaca menjadi faktor rendahnya minat baca masyarakat. Selain faktor lingkungan yang tidak mendukung dilakukannya kegiatan membaca. 
"Minat membaca kita masih rendah, dan hal ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan pendidikan dan kualitas bangsa Indonesia," ucap Qotrun, pemerhati masalah pendidikan, belum lama ini. Menurut dia, peradaban suatu bangsa dapat ditentukan melalui kecerdasan dan pengetahuannya. Sedangkan, rendahnya minat membaca akan berdampak pada ketertinggalan bangsa.
Untuk itu terang dia, pemerintah perlu berkerja sama dengan masyarakat agar dapat meningkatkan minat membaca masyarakat. "Sebenarnya sudah banyak cara yang ditempuh pemerintah dan masyarakat untuk membangkitkan kembali minat membaca di Indonesia. Namun, jika dilihat sampai saat ini belum ada cara yang ampuh untuk mengatasi hal tersebut," ungkap Qotrun.
Qotrun menjabarkan terobosan-terobosan yang telah dilakukan pemerintah guna meningkatkan minat baca. Seperti meluncurkan program infrastruktur berupa pembangunan perpustakaan daerah yang dibangun di setiap daerah, tanpa terkecuali Karawang, di daerah tersebut sudah ada Perpustakaan Daerah yang dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Karawang. Namun, antusiasme masyarakat masih sangat kurang untuk mengunjungi perpustakaan tersebut.
Selain perpustakaan daerah pemerintah kabupaten karawang juga telah membuat program perpustakaan keliling. Namun bisa dibilang cara ini berjalan dengan kurang baik. Bahkan saat ini perpustakaan keliling sudah jarang dioperasikan disebabkan kurangnya minat membaca dari masyarakat sehingga hanya dioperasikan ke sekolah-sekolah. Itupun hanya beberapa sekolah yang sekiranya mempunyai banyak minat pembacanya. "Dukungan infrastruktur saja tidak cukup untuk mengatasi kurangnya minat membaca, apalagi konsistensi pemerintah atas program-program yang dijalankannya masih kurang," ucapnya. (ari)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template