Laporan Dana Desa Pulomulya Diperiksa - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Laporan Dana Desa Pulomulya Diperiksa

Laporan Dana Desa Pulomulya Diperiksa

Written By Admin Raka on Jumat, 02 Februari 2018 | 16.30.00

LEMAHABANG WADAS, RAKA - Dana Desa yang beresiko diselewengkan Pemerintah Desa langsung digarap Inspektorat dilapangan, Kamis (1/2). Inspektorat melalui Inspektur Pembantu (Irban) 1 memeriksa kelengkapan data dan laporan Dana Desa Pulomulya, Kecamatan Lemahabang.
Tim Irban 1 Inspektorat Karawang, Khotib Muwahid mengatakan,  pihaknya turun ke desa-desa yang sudah diambil sampel berdasarkan hasil dari diskusi antara Dpmpd, Kecamatan dan instansi terkait. Salah satunya yang ditunjuk itu adalah di Desa Pulomulya ini, selain Desa Karyamukti. Di singgung apakah yang diperiksa tersebut merupakan desa dengan realisasi dana desa di atas 70%,  khotib mengaku bahwa yang diperiksanya tersebut adalah desa yang beresiko. Sehingga perlu ada evaluasi untuk pencegahan agar tidak terjadi penyelewengan di kemudian hari termasuk pada dana dana desa di tahun-tahun berikutnya yang sifatnya pembinaan. "Kita periksa ini yang beresiko, agar tidak kebablasan dikemudian hari, kita sampaikan kelengkapan yang harus dipenuhinya," katanya.
Hotib kelahiran Kaung Ucip Desa Lemahkarya ini menambahkan, dalam setiap kali pemeriksaan Dana Desa, kelemahan di desa itu pasti akan ada temuan abnormal, baik dalam sisi teknis dan administrasif, namun nanti prosesnya akan menjadi kekuatan, jika Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) bisa segera di sempurnakan. Kebetulan, Inspejtorat baru perdana turun yang pada dasarnya, bukan saja memeriksa DD tahun 2017, tetapi kesinambungannya sejak DD turun ditahun 2015 lalu yang tujuannya untuk pencegahan dana desa kekurang sempurnaan dimana mendatang. Karena, bagi desa yang tidak atau belum paham alur, pihaknya membuka Warung Konsultasi agar dimanfaatkan optimal untuk penyempurnaan laporan, baik pajak, adminiatrasi maupun laporan lainnya yang harus dipenuhi, itu hanya ada disetiap hari Jumat. "Temuan Abnormal mah selalu ada, kita evaluasi dan sampaikan kekurangannya melalui LHP dan harus dipenuhi desa," katanya.
Lebih jauh Pria yang hoby menanam ini menambahkan, dalam setiap kali pemeriksaan, pihaknya imbau desa agar mulai sekarang selalu menjalin sinergi dengan Kecamatan, Inspektorat, DPMPD dalam hal apapun, alasannya,  karena di mungkinkan tahun 2019 mendatang, pihaknya tidak akan memeriksa semua desa, tapi akan ada tugas lain yang cukup dengan sampling saja disetiap Kecamatan. (rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template