Kuasai IT atau Mundur Jadi Guru - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kuasai IT atau Mundur Jadi Guru

Kuasai IT atau Mundur Jadi Guru

Written By Admin Raka on Sabtu, 03 Februari 2018 | 13.00.00

PURWAKARTA,RAKA- Kementrian Agama Purwakarta meminta guru Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk mengusai teknologi informasi (IT). Jika tidak mau belajar IT, guru disarankan untuk mencari profesi lain.
Kepala Kementerian Agama Kabupaten Purwakarta, H Tedi Ahmad Junaedi, menyampaikan, pemetaan kompetensi online ini merupakan dasar pijakan bagi penyelenggaraan program pengembangan keprofesian berkelanjutan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) yang menunjukan betapa pentingnya kemampuan dan penguasaan IT bagi guru-guru PAI, baik pada jenjang SD, SMP, SMA dan SMK. "Jika ada guru PAI yang malas untuk belajar IT, maka disilahkan untuk mencari profesi lain. Pesatnya kemajuan teknologi menuntut guru untuk mampu mengimbangi sekaligus memfilter informasi serta pengaruh-pengaruh negatif yang dapat mempengaruhi mental serta perilaku anak-anak didiknya," ungkapnya, saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (2/2), saat mengisi acara Pemetaan Kompetensi Online bagi guru PAI untuk jenjang SD, SMP, SMA dan SMK yang bertempat di SMPN 8 Purwakarta.
Sementara itu, Kepala Dinas Pendidkan Purwakarta H. Purwanto berharap, agar guru PAI mensyukuri perolehan tunjangan profesinya dengan terus berusaha meningkatkan kompetensinya. "Karena maju mundurnya pendidikan akan tergantung pada proses pembelajaran yang dilakukan guru. Menurutnya ada tiga hal yang harus dikuasai guru, yaitu standar dan penilaian, kurikulum dan panduan, serta penguasaan teknologi. Guru harus mampu ber IT dan mampu merekayasa pembelajaran, agar dapat mengarahkan peserta didiknya untuk berpikir kritis, kreatif dan inovatif," jelasnya.
Lebih jauh ia mengharapkan, agar pendidikan di sekolah terintegrasi dengan pendidikan keluarga. Oleh karena itu, perlu adanya program parenting atau pertemuan orang tua yang digagas khusus untuk menjalin sinergitas pendidikan anak. "Pemetaan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI) yang dilaksanakan secara online ini, merupakan tahap awal penyelenggarakan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) GPAI yang bertujuan memetakan kompetensi GPAI untuk selanjutnya diberikan treatment sesuai dengan kebutuhan mereka melalui pelatihan PKB GPAI," imbuhnya.
Ia juga berharap, semoga kedepannya pelaksanaan kegiatan tersebut menjadikan guru PAI yang lebih handal dan profesional. "Semoga kedepan penyelenggaraan PKB GPAI, mampu meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah dan melahirkan sosok-sosok GPAI yang handal dan profesional," pungkasnya. (cr2)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template