KPU Siapkan 2 TPS di Lapas Karawang - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » KPU Siapkan 2 TPS di Lapas Karawang

KPU Siapkan 2 TPS di Lapas Karawang

Written By Admin Raka on Sabtu, 17 Februari 2018 | 16.00.00

KARAWANG, RAKA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten karawang melakukan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Karawang. Dari kegiatan tersebut KPU mendata sebanyak 569 pemilik suara asal Jawa Barat dibina dalam lapas tersebut.
KPU dan petugas coklit akan melakukan verifikasi data selama seminggu sekali ke lapas. Hal itu dikarenakan adanya orang yang keluar dan masuk lapas disetiap harinya.
Anggota KPU Karawang Miftah Farid S.IP menyampaikan, dilakukannya pencocokan dan penelitian dilapas salah satu upaya dalam mensukseskan datangnya pemilihan gubernur Jawa Barat di tahun ini. "Coklit di lapas ini, untuk mensortir mana warga Jawa Barat dan mana warga luar Jawa Barat. Dan kita temukan sementara ada sebanyak 569 orang warga yang akan ikut pemilihan di lapas," ujarnya kepada Radar Karawang, Kamis (15/2).
Masih dikatakan Farid, bagi penghuni lapas, yang masih bertahan sebelum 27 Juni yang akan pihaknya data untuk menjadi calon pemilihan gubernur mendatang. Adapun kendala saat melakukan pencoklitan tersebut diakui Farid pihaknya harus mendatangkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk bersama melakukan pendataan. "Coklit di lapas itu kebanyakan nama-namanya alias-alias tidak nama asli maka alhamdulillah kita sudah lakukan kordinasi dengan capil, dan mereka menyanggupi," paparnya.
Lanjut Faird, dalam pendataan yang dilakukan KPU sendiri hanya memebutuhkan data nama lengkap, tempat tanggal lahir dan alamat tinggal. Apabila ditemukan nama yang sama serta lainnya maka yang akan menjadi pembeda ialah nama ibu kandung. "Untuk pilkada nanti kita akan siapkan 2 Tempat Pemilihan Umum (TPU) disini," paparnya.
Masih dikatakan farid, jika dimungkinkan untuk ada yang masuk dan keluar para penghuni lapas yang ada saat ini, maka petugas pencoklitan dalam setiap 1 minggu sekali akan melakukan pemantauan data yang ada dilapas. "Setiap minggu kita akan perbarui data disini, karena harus dipastikan untuk jumlah logistik," ujarnya seraya menjelaskan logistik yang dimaksud adalah kotak dan surat suara yang harus dipersiapkan.
Sementara itu, kasubsi Registrasi di Lapas kelas II A Karawang, Odih SH menyampaikan, untuk sementara data yang telah dimilikinya menjelang pemilihan Gubernur mendatang itu telah disiapkan untuk bisa mensukseskan pemilihan yang akan datang. "untuk sementara ada 569 orang untuk orang Jawa Barat. Jumlah itu dari total 1189 orang yang sekarang ini sedang dibina di lapas itu. Paling arahan kita untuk pencocokan ini harus didata perminggu karena pasti akan bertambah dalam setiap harinya," paparnya.
Sejauh ini untuk dilapas sendiri biasanya untuk pemilihan umum contohnya, ada sebanyak 2 TPS yang akan disipakan didalam lapas. "Kendala sejauh ini tidak ada paling hanya pencocokan data Nomer Induk Kependudukan saja (NIK), dan terkadang penghuni lapas juga keluar masuk karena suka ada juga yang dititipkan dari polres ke kita," ujarnya. (apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template