Koperasi BMUJ akan Buka Usaha Baru - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Koperasi BMUJ akan Buka Usaha Baru

Koperasi BMUJ akan Buka Usaha Baru

Written By Admin Raka on Senin, 19 Februari 2018 | 17.30.00

JATISARI, RAKA - Rapat Anggota Tahunan (RAT) bagi setiap koperasi merupakan sebuah kewajiban, karena menjadi tempat evaluasi dan laporan atas perjalanan koperasi tersebut. Seperti yang dilakukan oleh Koperasi Pedagang Pasar Bina Mitra Usaha Jatisari (Koppas BMUJ) pada Sabtu (17/2) kemarin, RAT yang pertama tahun buku 2018 digelar di Kantor Koppas BMUJ di Desa Jatisari, Kecamatan Jatisari.
Acara yang dihadiri Ketua Komisi B DPRD Karawang, H Danu Hamidi yang juga sebagai anggota kehormatan serta perwakilan Dinas Koperasi Karawang serta seluruh anggota Koppas tersebut berjalan dengan lancar.
Menurut Ketua Harian Koppas BMUJ, Mulya, RAT sendiri merupakan suatu agenda wajib dalam kepengurusan koperasi, karena di dalam rapat tersebut dibahas mengenai pertanggungjawaban pengurus koperasi selama satu tahun kepada para anggota koperasi yang bersangkutan. "Dalam RAT tersebut disampaikan beberapa laporan selama satu tahun berjalan dan musyawarah mufakat bersama untuk mendapat pengesahan dari seluruh anggota," kata Mulya.
Menurutnya Koppas BMUJ  sendiri baru berdirinya pada tahun 2017, tapi eksistensinya cukup baik hal itu bisa dilihat dari perkembangan permodalan hingga omset yang ada. "Omsetnya mencapai Rp176  juta dari modal awal Rp48 jutaan dengan jumlah anggota 176 orang," katanya.
Dia juga menyampaikan, Koppas BUMJ akan semakin sehat dan berkembang jika anggotanya, terus mendukung. Saat ini, tambah Mulya, Koppas BMUJ menjadi tolak ukur koperasi-koperasi lain, sebab Koppas sudah menjadi koperasi yang dinilai akuntan publik sebagai koperasi sehat. "Rencana kedepannya kami akan membuka usaha-usaha lain untuk mensejahterakan anggota dalam memudahkan anggota dalam permodalan," tutupnya.
Sementara anggota kehormatan Koppas BMUJ Anto Suheryanto menyampaikan, koperasi merupakan perwujudan ideal ekonomi kerakyatan sebagaimana Wakil Presiden pertama, M Hatta menyampaikan, bahwa koperasi adalah solusi konkrit dari ketimpangan ekonomi, selain itu koperasi juga merupakan sebuah wadah pendewasaan bagi masyarakat karena pembentukannya berdasarkan kesepakatan atau musyawarah anggota. "RAT adalah bentuk evaluasi pertanggungjawaban bagi pengurus sekaligus tempat untuk membangun kesepakatan dan rencana kerja ke depan," ujarnya.(zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template